PENGARUH PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 AMLAPURA

Authors

  • I Wayan Sentana Putra .
  • Drs.Djoko Waluyo,M.Sc .
  • Dra.Ni Nyoman Parwati,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.4978

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi Quick on The Drawlebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test Only Control Group Design.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Amlapura tahun ajaran 2014/2015, yaitu sebanyak 169 orang.Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI MIPA 1 sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas XI MIPA 2 sebanyak 35 siswa sebagai kelas kontrol.Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling.Data pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep matematika yang berbentuk soal uraian dengan soal sebanyak tujuh butir.Data hasil tes pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan Uji-t satu ekor. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung= 2,750 lebih besar dari ttabel = 1,668. Berdasarkan hal ini, siswa yang dibelajarkan denganstrategi Quick On The Draw mempunyai pemahaman konsep matematika lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Ini berarti strategi pembelajaran Quick on The Draw berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Kata Kunci : Quick on The Draw, konvensional, pemahaman konsep matematika.

This research is aimed to know whether mathematical concepts understanding of the students who learned with Quick On The Draw strategy better than the students which are learned with conventional learning. The research design used in this research is the Post-test Only Control Group Design. The population in this study were all students of XI MIPA in SMAN1 Amlapura in the academic year 2014/2015, as many as 169 people. Samples are XI MIPA 1 class with 33 students as experiment class and XI MIPA 2 class with 35 students as control class. Samples selected using random sampling technique. Data of mathematical concepts understanding were collected by seven items of mathematical concept understanding test. Data of mathematical concept understanding were analyzed by using t-test one tail. The results showed that tobserved=2,750 is greater than ttable = 1,668. So it can be concluded that the students who learned with the Quick on The Draw strategy have mathematical concepts understanding better than students who learned with conventional learning. This means that Quick on The Draw learning strategy have an influence to mathematical concepts understanding.
keyword : Quick on The Draw, conventional, mathematical concepts understanding

Published

2015-06-01

Issue

Section

Articles