PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS WHITEBOARD ANIMATION VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BANJAR JAWA SINGARAJA

Authors

  • Deviana .
  • Prof. Dr. Phill.I Gst. Putu Sudiarta, .
  • Drs.I Made Sugiarta,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.5773

Abstract

PPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti blended learning berbasis whiteboard animation video lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian adalah Post Test Only Control Group. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 3 Banjar Jawa Singaraja tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVB dan IVC yang diambil menggunakan teknik sampel rumpun secara acak. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika yang dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung=4,007 dan ttabel = 1,6730 sehingga diperoleh nilai t_hitung>t_tabel maka berdasarkan hal tersebut H_0 ditolak. Hal ini berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti blended learning berbasis whiteboard animation video lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini diperkuat oleh fakta-fakta empiris bahwa siswa yang mengikuti blended learning berbasis whiteboard animation video mendapatkan pengalaman lebih banyak dalam menjawab permasalahan sehingga dapat meningkatkan pengetahuannya.
Kata Kunci : Blended Learning, Whiteboard Animation Video, Pemecahan Masalah Matematika

This study aimed to determine whether the mathematical problem solving ability of students who took the blended learning based on whiteboard animation video is better than those who took the conventional learning. The study was a quasi experiment and used a Post Test Only Control Group Research Design. The population of this research was the 4th grade students of SD Negeri 3 Banjar Jawa on the academic year 2014/2015 in Singaraja. The selected sample was the class IVB and IVC, which were taken by using cluster random sampling technique. The data of this research was the mathematical problem solving ability, which was collected by essay test and analyzed using one tail independent t-test with 5% significance level. The results showed that tscore = 4.007 is greater than ttable = 1.6730. It consequently means that the Null Hypothesis must be rejected. It is concluded that the mathematical problem solving ability of students who took blended learning based on whiteboard animation video is better than those who take conventional learning. This conclusion is supported by the empirical finding that students who took blended learning based on whiteboard animation videos had more experience in problem solving activity. This is why those student performed better than their counterpart.
keyword : Blended Learning, Whiteboard Animation Video, Mathematical Problem Solving

Published

2015-08-03

Issue

Section

Articles