PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 KUTA UTARA

Authors

  • Pande Putu Dyah Maharani Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.59375

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Desain penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian adalah peserta didik di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Kuta Utara sebanyak 45 peserta didik pada tahun ajaran 2022/2023. Tahapan penelitian pada setiap siklusnya terdiri dari perencanan (planning), pelaksanaan Tindakan (action), pengamatan tindakan (observation), dan refleksi (reflection). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket untuk mengukur minat belajar matematika peserta didik. Pada pra siklus peserta didik memiliki rata-rata minat belajar yang dikategorikan sedang dengan persentase 66,2% dan terdapat 11,1% (5 peserta didik) dengan minat belajar tinggi. Pada siklus I, rata-rata minat belajar berada pada kategori sedang dengan persentase 73,2% dan persentase peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi adalah 42,2% (19 peserta didik). Pada siklus II, persentase rata-rata minat belajar peserta didik berada pada kategori tinggi dengan persentase 79,5% dan terdapat 80% yang memiliki minat belajar tinggi (33 peserta didik dengan minat belajar tinggi dan 3 peserta didik dengan minat belajar sangat tinggi). Hal tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan minat belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

Kata Kunci: Minat belajar, Talking Stick, Pembelajaran Kooperatif

 

Abstract

This research is Classroom Action Research (CAR) that aims to increase students’ interest in learning mathematics by applying a talking stick type cooperative learning model. The design of this research consists of 2 cycles. 45 students of class XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Kuta Utara in the year of 2022/ 2023 were selected as research subjects. The research stages in each cycle consist of planning, action, observation, and reflection. The research instrument used was a questionnaire to measure students' interest in learning mathematics. In the pre-cycle, students have an average interest in learning which is categorized as moderate with a percentage of 66.2% and there are 11.1% (5 students) with a high interest in learning. In the cycle I, the average interest in learning was in the moderate category with a percentage of 73.2% and the percentage of students who had a high interest in learning was 42.2% (19 learners). In cycle II, the average percentage of students' interest in learning is in the high category with a percentage of 79.5% and there are 80% who have a high interest in learning (33 students with high interest in learning and 3 students with very high interest in learning). The findings showed an increase in students' interest in learning by applying a talking stick-type cooperative learning model.

Keyword: Learning interest, talking stick, cooperative learning

Downloads

Published

2023-04-30