PENGARUH STRATEGI KWL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SINGARAJA

Authors

  • Gusti Ayu Kusumaningrum .
  • Drs. I Nyoman Gita, M.Si .
  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan, S.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.5939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif strategi Know-Want-Learn (KWL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja. Penelitian ini menggunakan desain Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja tahun ajaran 2014/2015 yaitu sebanyak 350 orang siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII J dan VII H. Siswa kelas VII J sebagai kelompok eksperimen sedangkan siswa kelas VII H sebagai kelompok kontrol, dimana masing-masing kelompok terdiri dari 28 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik cluster sampling. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk soal uraian sebanyak lima butir. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dianalisis menggunakan uji-t satu ekor. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t_hitung = 2,503 lebih tinggi dari nilai t_tabel = 2,005. Berdasarkan hal tersebut, siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan strategi KWL mempunyai kemampuan pemecahan masalah lebih tinggi dibandingkan daripada siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Dengan kata lain, strategi KWL berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja.
Kata Kunci : Strategi Know-Want-Learn, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

This research was aimed to know positive effect of Know-Want-Learn (KWL) strategy on mathematical problem solving ability of seventh grade students of SMP N 5 Singaraja. The research design used in this research was Post-test Only Control Group Design. The population of this research consisted of all seventh grade students at SMP N 5 Singaraja in academic year 2014/2015 which is consist of 350 students. Samples are VII J class and VII H class, where each class consist of 28 students. Samples were selected using cluster sampling technique. Data of students’ mathematical problem solving ability were collected through mathematical problem solving test consisting of five items. The data of students’ mathematical problem solving ability were analysed by using one-tailed t-test. The results showed that t_observation = 2,503 greater than t_table = 2,005. So it might be concluded that the students who were learned through KWL strategy had mathematical problem solving ability higher than those who learned through process. The other word, KWL strategy give positive effect on mathematical problem solving ability of seventh grade students of SMP N 5 Singaraja.
keyword : Know-Want-Learn Strategy, Conventional Learning, Mathematical Probelm Solving Ability

Published

2015-08-12

Issue

Section

Articles