IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KEKURANGTERTARIKAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SINGARAJA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Ni Wayan Desi Maryawathi .
  • Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom .
  • Drs.I Putu Wisna Ariawan,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.6312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merumuskan indikator siswa yang kurang tertarik terhadap mata pelajaran matematika, (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kekurangtertarikan siswa SMK terhadap mata pelajaran matematika, dan (3) merumuskan solusi untuk mengatasi kekurangtertarikan siswa kelas SMK terhadap mata pelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah kelas X SMK Negeri 1 Singaraja yang berjumlah 268 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Snowball Sampling dan terpilih 25 orang siswa sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator utama siswa kelas X SMK Negeri 1 Singaraja yang kurang tertarik terhadap mata pelajaran matematika adalah tidak mengetahui kegunaan dari mempelajari matematika dan siswa tidak memiliki minat maupun motivasi untuk belajar matematika. Faktor penyebab kekurangtertarikan siswa SMK terhadap mata pelajaran matematika adalah karena pandangan negatif siswa terhadap mata pelajaran matematika, tidak memahami penerapan materi matematika, tidak memahami materi yang dijelaskan oleh guru, kurangnya waktu belajar siswa, kurangnya antusias siswa belajar matematika, pembelajaran yang kurang menarik, motivasi siswa masih rendah dan lingkungan belajar yang kurang kondusif. Dengan demikian dirumuskan solusi untuk mengatasi kekurangtertarikan siswa SMK terhadap mata pelajaran matematika adalah penjelasan lebih mengenai penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari, pembelajaran yang lebih bervariasi, siswa harus mampu membagi waktu belajar, pemberian dukungan dan motivasi dari orang tua, mengurangi kesan guru yang galak dan jarang tersenyum, dan menumbuhkan motivasi belajar matematika pada diri siswa sendiri.
Kata Kunci : Kekurangtertarikan, mata pelajaran matematika, dan sekolah menengah kejuruan

This research aimed to (1) formulate the student indicator who uninterested with mathematics, (2) identify the uninterested factors of SMK Negeri 1 Singaraja students to mathematics, and (3) formulate the solution to overcome student’s uninterested. This research was a qualitative research and the research subjects were class X of SMK Negeri 1 Singaraja consist of 268 students. From 268 students, 25 of them were chosen as sample of this research by using snowball sampling technique. The data was gathered by using questionnaire method, observation, and interview. The result showed the main indicators of mathematics uninterested were because the students did not know the purpose of studying mathematics and the students also did not have interest or motivation to study mathematics. The result also showed that the uninterested factors to mathematics were because the students had negative outlook to mathematics, students did not understand the application of mathematics, students did not understand the teacher explanation, students did not have enough time to study, students less enthusiastic to study mathematics, learning was not interesting, students’ motivation is low and learning environment was not conducive. Therefore, the solutions to overcome student uninterested to mathematics are by explaining deeper about the application of mathematics in daily life, using more variation in learning method, helping student to manage study time, support and motivation from parent, decreasing teacher impression which usually grumpy and rarely smiling, and growing motivation to study mathematics to student him/herself.
keyword : Uninterested, mathematics, and vocational high school

Published

2015-11-25

Issue

Section

Articles