Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Geometri Materi Bangun Datar Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Tahapan Berpikir Geometri Van Hiele Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.65434Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menyelesaikan soal geometri materi segiempat dan segitiga berdasarkan tahapan berpikir geometri Van Hiele yaitu tahap 0 (Visualisasi), tahap 1 (Analisis), tahap 2 (Dedeksi Informal), tahap 3 (Deduksi), tahap 4 (Rigor). Sampel pada penelitin ini yaitu siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Tembuku yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kulitatif. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menyelesaikan soal geometri materi bangun datar segiempat dan segitiga berdasarkan tahapan berpikir geometri Van Hiele pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Tembuku mayoritas berada pada tahap 0 (visualisasi) yaitu terdapat 13 (tiga belas) siswa dengan persentase 46%. Namun ada juga siswa yang mencapai tahap 1 (analisis) yaitu sebanyak 10 (sepuluh) siswa dengan presentase 36%. Dan tahap tertinggi yang mampu dicapai siswa kelas VIIIA yaitu tahap 1 (deduksi informal) dengan banyak siswa baru 5 (lima) siswa yang mampu mencapainya dengan persentase 18%. Berdasarkan hal tersebut dapat simpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal geometri kelas VIIIA berdasarkan tahapan berpikir geometri Van Hiele yang mampu dicapai hanya sampai pada tahap deduksi informal, belum ada siswa yang mampu mencapai tahap deduksi dan rigor.
.
Kata kunci: Kemampuan Menyelesaikan Soal, Berpikir Geometri, Teori Van Hiele
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Kadek Evi Nilwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.