Analisis Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Persegi Panjang Berdasarkan Gender
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v15i1.73023Abstract
Keterampilan pemecahan masalah mungkin terbatas pada sebagian siswa, karena sulitnya memahami matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada siswa SMP di lingkungan Krajan-Mangli, guru masih menggunakan metode konvensional, yang mana hal itu pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum menerapkan metode dan strategi lain dalam proses pembelajaran. Dari analisis yang dapat peneliti simpulkan pada siswa terlihat dalam proses pembelajaran yang kurang memperhatikan guru ketika guru menjelaskan, sehingga kebanyakan sisiwa tidak memahami dengan baik skema konsep dan langkah yang diberikan, ketika mengerjakan soal yang diberikan, siswa lebih condong hanya dapat mengerjakan soal yang sama dengan contoh yang diberikan sebelumnya oleh guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mencari dan menemukan upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pendidik untuk membantu sisiwa dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah dalam soal cerita matematika dengan perbedaan gender. Kesimpulanya adalah bahwa siswa laki-laki lebih baik dari pada siswa perempuan. Perbedaan cara pengambilan keputusan ini terjadi karena beberapa faktor dan adanya 3 siswa yang berhasil untuk memenuhi 4 dari 5 indikator pengambilan keputusan dan terdapat 2 siswa yang hanya memenuhi 3 dari 5 indikator pengambilan keputusan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Wahyuni, Siti Khodijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.