PENGARUH ASESMEN PORTOFOLIO ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Putu Rini Handayani .
  • Dra.Ni Made Sri Mertasari, M.Pd .
  • I Made Suarsana, S.Pd., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v5i2.8177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen portofolio online terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Non Unggulan SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 8 kelas dimana sebelumnya dilakukan uji kesetaraan dengan ANAVA Satu Jalur.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII A2 dan Kelas VII A7 yang diambil menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian dan diberikan di akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika dianalisis menggunakan Uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung=3,1221 dan t_tabel=1,6766. Jika dibandingkannilait_hitung 〖>t〗_tabel, hal ini menjelaskan bahwa H_(0 ) ditolak yang berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan pembelajaran dengan menerapkan asesmen portofolio online lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan pembelajaran dengan menerapkan asesmen konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa asesmen portofolio online berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja
Kata Kunci : asesmen portofolio online,pemecahan masalah matematika, asesmen konvensional

This research aimed at finding out the effect of online portfolio assessment against mathematical problem solving ability of students. This research was a quasi experiment and used a post test only control group research design. The population of this research was students of VII Non Featured Class of SMP Negeri 1 Singaraja in academic year 2015/2016 that divided into 8 classes. The equality of 8 classes is tested by using one-way ANOVA test. Random sampling was used as the sampling technique in this research, in which VII A2 and VII A7 classes were selected randomly as the samples of the study. Essay test was used to gather the students’ mathematical problem solving ability as the data of this research. One tail independent t-test with 5% significance level was used to analyze the data. The result of the study showsthat the ttest = 1,86491 and ttable = 1,68595. When compared to the value oft_test 〖>t〗_tabel, it stated the nul hypothesis was rejected which means that the mathematical problem solving ability of students who learned byapplying online portfolio assessment was better than the students who learned by applying conventional assessment. So it can be concluded that the online portfolio assessment positive effect on students mathematical problem solving ability of SMP Negeri 1 Singaraja.
keyword : assessment online portfolio, mathematical problem solving, conventional assessment

Published

2016-08-03

Issue

Section

Articles