PENGARUH ASESMEN FORMATIF BENTUK PROJEK TERHADAP KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Authors

  • Putu Ngurah Artha Pradnyana .
  • Drs. I Nyoman Gita, M.Si .
  • Dra.Ni Made Sri Mertasari, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v5i2.8395

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control group yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen formatif bentuk projek terhadap kreativitas dan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Untuk uji kesetaraan populasi menggunakkan uji ANAVA satu jalur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Data kreativitas siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket, sedangkan data pemahaman konsep dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep bentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji MANOVA satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan kreativitas dan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti asesmen formatif bentuk projek dan siswa yang mengikuti asesmen konvensional (F=5,441a dan sig 0,007; ρ<0,05). Kedua, terdapat perbedaan kreativitas antara siswa yang mengikuti asesmen formatif bentuk projek dan siswa yang mengikuti asesmen konvensional (F=8,116 dan sig=0,006; ρ<0,05). Ketiga, terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti asesmen formatif bentuk projek dan siswa yang mengikuti asesmen konvensional (F=4,146 dan sig=0,046; ρ<0,05). Dengan demikian asesmen formatif bentuk projek berpengaruh positif terhadap kreativitas dan pemahaman konsep matematika.
Kata Kunci : Asesmen formatif bentuk projek, kreativitas, pemahaman konsep matematika

This study was a quasi-experimental research with post test only control group that aims to determine the influence of formative assessment in the project form towards the creativity and math concepts comprehension of the students. The population in this study were the eighth grade students of Laboratory Undiksha Singaraja Middle School. Test of equality from the population used one way ANAVA test. Sampling was conducted by random sampling technique. Students' creativity data were collected by using questionnaires, while the concept comprehension data were collected with the concept comprehension test in narrative form. Data were analyzed with one-way MANOVA test. The results showed that: First, there are differences in creativity and math concepts comprehension between students who took part in formative assessment and the conventional assessment (F = 5,441a and sig 0.007; ρ <0.05). Second, there are differences of creativity between the students who took part in the formative assessment and the conventional assessment (F = 8.116 and sig = 0.006; ρ <0.05). Third, there are differences in the comprehension of mathematical concepts between students who took part in the formative assessment and conventional assessment (F = 4.146 and sig = 0.046; ρ <0.05). Thus the formative assessment project forms a positive influence on creativity and math concepts comprehension.
keyword : Formative assessment in the project form, creativity, and math concepts comprehension

Published

2016-09-05

Issue

Section

Articles