Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Kelas X14 SMA N 1 Kuta Utara

Authors

  • I Made Indra Adhi Wikanta Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Sumandya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.59527

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X14 SMA N 1 Kuta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dalam 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik sebagai tujuan dari penelitian yang dilakukan.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2023 di SMA N 1 Kuta Utara dengan subjek penelitian pada peserta didik kelas X14. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus selama 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 60%. Sedangkan rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus II sebesar 77,5%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian ini, yaitu bahwa penelitian akan berhasil apabila sekurang-kurangnya 70% peserta didik tuntas belajar dengan skor sesuai harapan yaitu ≥ 75.

Downloads

Published

2023-10-30