Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII D SMP Negeri 8 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.60568Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika dengan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran diferensiasi yang dilakukan adalah diferensiasi proses dan diferensiasi konten. Konten disesuaikan dengan karakteristik peserta didik serta prosesnya dirancang sesuai kondisi optimum yang disukai peserta didik dalam belajar. Penelitian dilakukan berdasarkan alur penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam beberapa siklus yakni Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII D SMP Negeri 8 Denpasar dengan 40 orang sebagai subjeknya. Penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan catatan anekdot untuk mencatat hasil refleksi dengan peserta didik. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah terjadinya peningkatan pada persentase peserta didik dengan motivasi yang tinggi dalam belajar. Peningkatan yang pertama terjadi pada Siklus I di mana terdapat 24 peserta didik (60%) dengan motivasi belajar tinggi. Selanjutnya, peningkatan yang kedua terjadi pada Siklus II di mana 34 peserta didik (85%) yang memiliki motivasi belajar tinggi sehingga penelitian dihentikan pada Siklus II karena sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kadek Yoga Santhika, I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.