Pengaruh Rasa Percaya Diri Belajar Terhadap Pemahaman Matematik Siswa Di SMP Negeri 1 Ngadirojo
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v15i1.71168Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri 1 Ngadirojo. Penelitian ini merupakan penelitian kausal korelasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadirojo tahun ajaran 2022/2023 dengan pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket rasa percaya diri dan tes pemahaman matematik. Pengujian angket menggunakan uji validitas isi dan reliabilitas instrumen, sedangkan tes menggunakan uji validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas isi. Teknik analisis data menggunakan bantuan regresi program SPSS 16.0 metode enter. Uji prasyarat menggunakan uji lineariitas dan untuk uji syarat analisisnya menggunakan uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh rasa percaya diri terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri 1 Ngadirojo
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Taufik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.