ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR FELDER AND SOLOMAN PADA MATERI PtLSV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i2.46260Abstrak
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar Felder and Soloman. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Singkawang pada siswa kelas VII. Instumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan koneksi matematis, angket gaya belajar Felder and Soloman, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 17 singkawang ditinjau dari gaya belajar Felder and Soloman berada pada kategori sedang. Sub-sub hasil penelitian ini yaitu: (1) kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki gaya belajar active–reflective cenderung active sedang, berada pada kategori rendah. (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki gaya belajar sensing–intuitive cenderung sensing sedang dan sensing kuat, berada pada kategori sedang. (3) kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual–verbal cenderung visual sedang, berada pada kategori sedang. (4) Kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki gaya belajar sequential–global cenderung sequential sedang, berada pada kategori sedang. (5) Faktor yang mempengaruhi kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PtLSV berasal dari faktor internal yang mencakup pada faktor keterampilan dan faktor kognitif siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.