PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI PENDIDIKAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i1.53224Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan tinjauan literatur yang bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring di Pendidikan Tinggi. Dengan meningkatnya kasus virus korona pada akhir Maret 2020 lalu, membuat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah mengeluarkan kebijakan yang diberikan kepada seluruh masyarakat yang ada di Indonesia. Salah satu kebijakan yang diberikan adalah meniadakan aktivitas belajar dan mengajar secara bertatap muka secara langsung baik di sekolah maupun universitas. Beberapa alternatif sebagai pengganti aktivitas belajar dan mengajar secara langsung baik di sekolah maupun di universitas diantaranya group discussion, E-Learning, dan Video Conference. Namun hal ini memunculkan pro dan kontra. Dari hasil penelitian ditemukan salah satu tanggapan pro adalah menjadi kesempatan untuk memiliki waktu yang lebih banyak dengan keluarga di rumah, namun tanggapan kontra sekiranya lebih banyak, misalnya saja tidak semua daerah meiliki akses sinyalnya mudah, dan proses pembelajarannya lebih efektif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.