PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B1 SMP NEGERI 4 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.5901Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII B1 SMP Negeri 4 Singaraja dan mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Collaborative. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan subjek sebanyak 33 orang siswa kelas VIII B1 SMP Negeri 4 Singaraja pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data awal kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes awal kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk soal uraian dan data tanggapan siswa dikumpulkan melalui angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari 20,00 (kategori rendah) pada refleksi awal terus meningkat dari siklus ke siklus menjadi 76,44 (kategori tinggi) pada siklus III. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Collaborative dalam pembelajaran matematika tergolong positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Collaborative dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII B1 SMP Negeri 4 Singaraja.Kata Kunci : Collaborative, kemampuan pemecahan masalah
The research was conducted in order to improve the ability of mathematics problem solving of grade VIII B1 students in SMP Negeri 4 Singaraja and to know students' responses to the Collaborative learning model application.This research was a classroom action research that involved a subject of 33 students of grade VIII B1 SMP Negeri 4 Singaraja in the first semester of the school year 2014/2015. This research was conducted in three steps, each step consisting of action planning stage, action, observation and evaluation, and also reflections.Preliminary data of students’ mathematical problem solving ability was collected using an early test of mathematical problem solving abilities in the form of description test and the data of students’ responses were collected through student responses questionnaires. The results showed that the average score of students' mathematical problem solving abilities from 20.00 (low category) at the beginning of the reflection increasing from cycle to cycle into 76.44 (high category) in the third cycle. Students’ responses to the application of Collaborative Learning Model in mathematics relatively positive.Based on these results, it can be concluded that the application of Collaborative learning model could improve the mathematical problem solving abilities of grade VIII B1 of SMP Negeri 4 Singaraja.
keyword : Collaborative, problem solving skills
Diterbitkan
2015-08-07
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.