Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)

Penulis

  • I Wayan Selamet Rahadi rahadi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.59523

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menemukan metode yang tepat dalam proses pembelajaran untuk dapat menunjukan motivasi belajar siswa yang maksimal. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa cenderung kurang dalam motivasi belajarnya pada pembelajaran matematika dengan metode yang bersifat konvensional. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat digunakan karena pembelajaran memungkinkan siswa dapat berfokus pada kerja sama dalam kelompok kecil dan dibagi secara heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data yang diperoleh dari proses belajar berupa angket motivasi belajar siswa. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Mengwi. Penelitian dilakukan 2 siklus sebagai proses evaluasi untuk menunjukan hasil yang diharapkan. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa pada siklus 1 siswa dapat dengan baik mengikuti proses pembelajaran, tetapi masih dengan motivasi belajar yang kurang. Sedangkan pada siklus 2 dengan perbaikan pada pemberian penguatan dari guru, sehingga siswa dapat lebih aktif dan menunjukan motivasi belajar yang sangat baik.

Diterbitkan

2023-10-30