Kemampuan Penyelesaian Masalah Siswa SMP Berdasarkan Gender Ditinjau Dari Teori Newman
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.62311Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa SMP berdasarkan gender siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori newman. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kota Bandung yang berjumlah 27 orang siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Kemudian dipilih 6 subjek, yaitu 3 laki-laki dan 3 perempuan yang memiliki kemampuan penyelesaian masalah matematis kategori tinggi, sedang, dan rendah yang akan diuraikan hasil jawabannya dalam menjawab soal. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Analisis dilakukan dengan memberikan tes tertulis berbentuk soal uraian yang berjumlah 3 soal. Materi yang diujikan adalah materi perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator memahami masalah dan transformasi kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa laki – laki lebih unggul daripada siswa perempuan, sementara pada indikator kemampuan memposes dan penulisan jawaban siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ajeng Mustifah Putri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.