PEMBELAJARAN MATEMATIKA PRAKTIS DAN MENYENANGKAN BERBASIS SMART SOLUTION PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DI SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v14i2.64152Abstrak
Pembelajaran matematika praktis dan menyenangkan sebagai bagian dari solusi agar pelajaran matematika bukan lagi dianggap pelajaran yang sulit dan menakutkan. Tujuan penelitian ini: (1)menganalisis inovasi proses pembelajaran matematika pasca pandemi praktis dan menyenangkan berbasis smart solution bagi peserta didik. (2)menganalisis kendala dan pengaruh positif pembelajaran matematika pasca pandemi praktis dan menyenangkan berbasis smart solution bagi peserta didik. (3)menganalisis respon siswa terhadap pembelajaran matematika pasca pandemi praktis dan menyenangkan berbasis smart solution bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitain deskriptif kualitatif, melalui angket kepada peserta didik dan wawancara langsung dengan guru matematika harapannya bisa melihat langsung pembelajaran praktis dan menyenangkan matematika berbasis smart solution. Data pertama diambil dari pengamatan, data kedua dimabil dengan wawancara dengan guru, data yang ketiga (respon) diambil dengan angket. Tehnik analisis data menggunakan tehnik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan smart solution terdiri dari dua fase, yaitu memberikan pembelajaran dengan sederhana dilanjutkan dengan pembelajaran yang menyenangkan berbasis smart solution. Kendalanya belum semua guru menyampaikan materi secara sistematis. Dengan smart solution anak-anak lebih senang belajar matematika. Respon siswa sangat menyukai pembelajaran matematika praktis dan menyenangkan berbasis smart solution.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fachrudin, Mohamad Shokeh, M. Nur Ghufron, Muhamad Jalil
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.