Analisis Kemampuan Berpikir Konseptual Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v15i1.69161Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir konseptual dalam menyelesaikan soal aljabar ditinjau dari gaya kognitif Field Independen (FI) siswa di MTsN 4 Blitar. 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir konseptual siswa dalam menyelesaikan soal aljabar ditinjau dari Gaya kognitif Field Dependent(FD) siswa di MTsN 4 Blitar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, tes GEFT,tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah 1). kemampuan berpikir konseptual gaya kognitif Field Independent dalam menyelesaikan masalah aljabar di kelas VIII MTsN 4 Blitar mampu memenuhi lima indikator kemampuan berpikir konseptual. 2). kemampuan berpikir konseptual gaya kognitif Field Dependent dalam menyelesaikan masalah aljabar di kelas VIII MTsN 4 Blitar mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir konseptual dari lima indikator yang tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Irfaatus Saadah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.