Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Barisan Aritmatika Menggunakan Konteks Alat Musik Tradisional Gambang Kayu Berbasis PMRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v15i1.70834Abstrak
Pelaksanaan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi pola bilangan yang menggunakan konteks alat musik tradisional gambang kayu berbasis PMRI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana subjek penelitian terdiri dari 6 orang peserta didik kelas XI SMA di Sumatera Selatan. Data dikumpulkan menggukan teknik soal uraian dianalisa secara deskriptif menggunakan indikator kemapuan penalaran matematis yang sudah ditentukan oleh Depdiknas pada tahun 2014 yang terdiri dari mengajukan dugaan, menentukan/menemukan pola, memeriksa keasihan argument, menyajikan pernyataan, dan menarik kesimpulan. Dari penelitian yang sudah dilaksanakan didapatkan hasil penalaran matematis peserta didik kelas XI tingkat menengah atas pada materi aritmatika menggunakan konteks alat music tradisional gambang kayu berbasis PMRI tergolong baik. Dari lima indikator yang diukur yang paling menyajikan dugaan, menenukan pola dan menyajikan suatu pernyataan sedangkan indikator yang tidak terlalu terlihat adalah menarik kesimpulan dan memeriksa keasihan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Suchi Pratiwi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.