Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Soal HOTS Ditinjau Dari Adversity Quotient Di Kelas VIII SMPN 1 Loceret
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v15i1.70932Abstrak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Loceret Nganjuk dengan jumlah30 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan siswa kelas VIII-I SMPN 1 Loceret Nganjuk yang berjumlah 6 siswa, terdiri dari 2 siswa tipe Climber, 2 siswa tipe Camper, dan 2 siswa tipe Quitter berdasarkan Teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, angket, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses berpikir siswa tipe Clilmber, Camper, dan Quitter dalam menyelesaikan soal HOTS di SMPN 1 Loceret. Hasil penelitian ini : (1) Siswa Climber mampu melewati ketiga tahap proses berpikir yaitu, (2) Siswa Camper tidak mampu melewati ketiga tahap proses berpikir, hanya mampu melewati 2 tahap, (3) Siswa Quitter tidak mampu melewati ketiga tahap proses berpikir, siswa Quitter hanya mampu melewati tahap pembentukan pengertian.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dini Novitasari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.