Pengaruh Rasa Percaya Diri Belajar Terhadap Pemahaman Matematik Siswa Di SMP Negeri 1 Ngadirojo

Penulis

  • Taufik STKIP PGRI Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v15i1.71168

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri 1 Ngadirojo. Penelitian ini merupakan penelitian kausal korelasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadirojo tahun ajaran 2022/2023 dengan pengambilan data menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket rasa percaya diri dan tes pemahaman matematik. Pengujian angket menggunakan uji validitas isi dan reliabilitas instrumen, sedangkan tes menggunakan uji validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas isi. Teknik analisis data menggunakan bantuan regresi program SPSS 16.0 metode enter. Uji prasyarat menggunakan uji lineariitas dan untuk uji syarat analisisnya menggunakan uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh rasa percaya diri terhadap pemahaman matematik siswa di SMP Negeri 1 Ngadirojo

Diterbitkan

2024-04-30