Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Gaya Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v15i1.71306Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori APOS ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gianyar dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII. Sampel penelitian ditentukan dengan rumus Slovin dan diperoleh jumlah anggota sampel sebanyak 246 orang. Istrumen yang digunakan berupa tes gaya kognitif menggunakan Group Embedded Figure Test (GEFT), tes pemahaman konsep, serta pedoman wawancara untuk menunjang hasil penelitian. Data tes gaya kognitif dikategorikan berdasarkan skor siswa. Data tes pemahaman konsep dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data hasil wawancara dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 58% siswa memiliki pemahaman konsep berdasarkan teori APOS yang tergolong rendah. Beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep yaitu dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat dengan karakteristik siswa, perbanyak latihan soal, menggunakan bantuan media pembelajaran seperti video animasi dan lebih teliti dalam menyelesaikan soal.
Kata kunci: Pemahaman Konsep, Teori APOS, Gaya Kognitif
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ni Putu Nova Andriani, I Nengah Suparta, I Gusti Putu Sudiarta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.