Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Penulis

  • Ni Putu Nova Andriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suparta
  • I Gusti Putu Sudiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v15i1.71306

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori APOS ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gianyar dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII. Sampel penelitian ditentukan dengan rumus Slovin dan diperoleh jumlah anggota sampel sebanyak 246 orang. Istrumen yang digunakan berupa tes gaya kognitif menggunakan Group Embedded Figure Test (GEFT), tes pemahaman konsep, serta pedoman wawancara untuk menunjang hasil penelitian. Data tes gaya kognitif dikategorikan berdasarkan skor siswa. Data tes pemahaman konsep dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data hasil wawancara dianalisis menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 58% siswa memiliki pemahaman konsep berdasarkan teori APOS yang tergolong rendah. Beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep yaitu dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat dengan karakteristik siswa, perbanyak latihan soal, menggunakan bantuan media pembelajaran seperti video animasi dan lebih teliti dalam menyelesaikan soal.

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Teori APOS, Gaya Kognitif

Diterbitkan

2024-04-30