Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Penulis

  • Dewa Ayu Dwi Astiti Satrianingrum Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Agung Trisna Jayantika
  • Ni Made Ari Septiani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v15i1.73536

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi pemecahan masalah dan kontekstualitas dalam pembelajaran untuk mengatasi rendahnya hasil belajar, meskipun siswa terlibat aktif. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 3 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dua siklus tindakan melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL secara konsisten meningkatkan pemahaman konsep dan penerapan pengetahuan siswa. Peningkatan nilai tes rata-rata pada Siklus I dan II masing-masing 72,72 dan 82,19, serta peningkatan persentase kelulusan dari 41,67% menjadi 77,78%. Respon positif juga terlihat dari partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok. Model pembelajaran PBL efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 3 Denpasar.

Kata kunci: problem based learning, hasil belajar.

Biografi Penulis

Dewa Ayu Dwi Astiti Satrianingrum, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Matematika

Diterbitkan

2024-04-30