MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ervina Anatasya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggareni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v9i2.34133

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu keharusan, karena dinilai mampu menjadikan peserta didik menjadi cerdas, memiliki budi pekerti dan sopan santun sehingga peserta didik bermakna sebagai anggota masyarakat baik bagi dirinya sendiri maupun masyarakat secara umum dan luas. Pendidikan karakter yang bermoral dan berbudi pekerti luhur dituang dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) yang dilaksanakan ditiap jenjang sekolah. Namun pada kenyataannya pendidikan karakter di Indonesia dinilai gagal dalam menciptakan manusia yang berkarakter dan bermoral seperti pada misinya. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya inovasi dalam proses belajar mengajar khususnya pada pembelajaran PKn. Pada artikel ilmiah ini pengumpulan data dilakukan dengan metode literature. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat dipahami bahwa inovasi dan kreatifitas guru diperlukan dalam membangun karakter peserta didik pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) khususnya pada peserta didik sekolah dasar.

References

Yanti, C. (2019) Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar

Kurniawan, M. I (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37- 45.

Nurjannah, N. (2018). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn Siswa Sdn Peunaga Cut Ujong, Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Noe, W. (2013). Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dalam Membangun Karakter Siswa (Studi Deskriptif Pada SD YPI 45 Kota Bekasi). Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 66-76.

SYADIYAH, N. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN SUMBERJATI KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018.

Downloads

Published

2021-11-14