Media Sosial Sebagai Sarana Pengenalan Wawasan Nusantara

Authors

  • Nurhabibah Batubara UIN Suska
  • Zulhidah UIN Suska
  • Muhamad Habibi UIN Suska

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v12i2.56384

Keywords:

digital era, archipelago insight, social media

Abstract

Kemajuan media sosial memiliki pengaruh besar terhadap wawasan nusantara. Kemajuan tersebut menghasilkan banyak konflik pro dan kontra di semua bidang kehidupan. Kejadian ini justru merupakan   kewajaran dari suatu produk perangkat digital yang lahir dengan variasi kelebihan dan  kekurangannya. Dengan begitu manusia dapat mengukur perbandingan  positif  dan  negatif   yang diterima.adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media sosial  sebagai sarana pengenalan wawasan nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang mengulas dan membahas artikel-artikel penelitian sebelumnya terkait media sosial. Adapun hasil dari penelitian ini adalah  bahwa media sosial era digital perlu  adanya  pengenalan  dan edukasi agar  masyarakat  mengetahui  pengaruh  positif  dan  negatif  yang  ditimbulkan.  Dengan bekal pengetahuan terkait media sosial, struktur sosial masyarakat akan lebih siap  baik dari segi mental maupun badan. Sehingga kasus yang merupakan nilai negatif atau  positif dari media sosial dapat disaring dengan baik oleh semua susunan masyarakat

References

Adzhari, D. G., Sigit, A. A., Aditya, B. H., & Sari, E. P. S. P. (2022). Jejaring Sosial sebagai Wadah Pengenalan Wawasan Nusantara Era Digital di Kawasan Gunungpati Semarang. Jurnal Implementasi, 2(2), 128–136.

Aini, E. N., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Tindak Tutur Lokusi Dalam Video “Jangan Lelah Belajar_B. J. Habibie” Pada Saluran Youtube Sang Inspirasi. Prosiding Seminar Nasional Sasindo, 1(2).

Alfadhil, D. M., Anugrah, A., & Hasbar, M. H. A. (2021). Budaya westernisasi terhadap masyarakat. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 99–108.

Aminullah, R., & Umam, M. (2020). Pancasila sebagai Wawasan Nusantara. Al-Allam.

Anis, M. Z. A., Mansyur, M., Hairiyadi, H., Effendi, R., Subroto, W., & Prawitasari, M. (2021). Rumah Bulat Sebagai Markas Perjuangan Pemuda Bakumpai Marabahan Borneo Bagian Selatan (1929-1946). PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(2).

Awaliyah, C., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Media Sosial Mempengaruhi Integrasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7868–7874.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157.

Cahyono, G. H. (2016). Integrasi Pengajaran: Menggunakan Jaringan Media Sosial Untuk Mengarahkan Para Siswa. Swara Patra: Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 6(4).

Cahyono, W. (2016). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL PULANG KARYA LEILA SALIKHA CHUDORI DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. PBSI-FKIP.

Depdikbud, D. D. (1997). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Erick, M. C. J., Miranda, G., Sandra, D., Argueta, E., Wacher, N. H., Silva, M., Valdez, L., Cruz, M., Gómez-Díaz, R. A., Casas-saavedra, L. P., De Orientación, R., Salud México, S. de, Virtual, D., Instituto Mexicano del Seguro Social, Mediavilla, J., Fernández, M., Nocito, A., Moreno, A., Barrera, F., … Faizi, M. F. (2016). No Title. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejorainstitucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.

Indah, A. P. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Efektivitas Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1092–1098.

Isnadia, H. A., & Azinar, M. (2021). Perbedaan Perilaku Seksual Pranikah Remaja Menurut Kedekatan Tempat Tinggal dengan Lokalisasi. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 1(1), 114–123.

Nurfauziyanti, F., Damanhuri, & Bahrudin, F. A. (2022). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PERKEMBANGAN WAWASAN KEBANGSAAN MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 54–66. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Pamungkas, Q. N. S., & Khoirunnisa, E. (2022). Media Sosial dalam Menumbuhkan Literasi Media. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 4(1), 36–47.

Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan Sikap Nasionalisme Warga Negara: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59–64.

SAKINAH, S., Salim, A., & Hasanah, N. (2021). PERAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM PEMBERITAAN COVID-19 PADA PEMUDA (DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN DENDANG KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR). UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Setiawan, W., & Sukmadewi, Y. D. (2017). “PERAN PANCASILA PADA ERA GLOBALISASI” KAJIAN TERHADAP PANCASILA DAN FENOMENA LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, TRANSGENDER) DI INDONESIA. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 19(1), 126–147.

Syaputra, R., & Budiman, A. (2021). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (Studi Kasus: SMAN 1 Gedong Tataan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 89–101.

Widada, C. K. (2018). Mengambil manfaat media sosial dalam pengembangan layanan. Journal of Documentation and Information Science, 6003, 23–30.

Zakirman, Z., Rahayu, C., & Gusta, W. (2022). E-Animation Media to Improve The Understanding of Elementary School Science Learning. Jurnal Basicedu, 6(3), 3411–3419.

Downloads

Published

2025-04-25