Eksistensi Punden Berundak di Pura Candi Desa Pakraman Selulung, Kintamani, Bangli (Kajian Tentang Sejarah dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah)

Authors

  • I Wayan Pardi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v1i3.1020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui sejarah keberadaan punden berundak di Pura Candi di Desa Pekraman Selulung, Kintamani, Bangli. (2) Mengetahui alasan punden berundak di Pura Candi di Desa Pekraman Selulung, Kintamani, Bangli masih tetap eksis di tengah perkembangan jaman. (3) Mengetahui aspek yang terdapat di punden berundak yang bisa dikembangkan menjadi sumber belajar sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah yaitu: (1) Heuristik (Pengumpulan Data), (2) Kritik Sumber, (3) Interpretasi, (4) Historiografi (Penulisan Sejarah). Penelitian ini menghasilkan temuan, antara lain: (1) Punden Berundak di Pura Candi merupakan bangunan yang bercorak megalitik dan memiliki bentuk yang bertingkat-tingkat, makin ke atas tingkatan bentuknya akan semakin mengecil dan pada bagian puncaknya terdapat batu tegak (menhir). Sejarah keberadaan punden berundak di Pura Candi Desa Pakraman Selulung adalah kemungkinan dibangun pada masa transisi antara masa prasejarah dengan masa Hindu, yaitu antara abad ke 1-4 masehi. (2) Alasan pemertahanan Punden Berundak di Pura Candi Desa Pakraman Selulung meliputi: (a) Alasan keyakinan, (b) Alasan melawan pengaruh modernisasi, (c) Alasan melawan pengaruh globalisasi, dan (d) Alasan Historis. (3) Aspek yang terdapat di punden berundak yang bisa dikembangkan menjadi sumber belajar sejarah antara lain, (a) Aspek bentuk fisik bangunan, (b) Aspek historis, (c) Aspek gotong royong dan kebersamaan, dan (d) Aspek religius.

Downloads

Published

2013-12-12

How to Cite

Pardi, I. W. (2013). Eksistensi Punden Berundak di Pura Candi Desa Pakraman Selulung, Kintamani, Bangli (Kajian Tentang Sejarah dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(3). https://doi.org/10.23887/jjps.v1i3.1020

Issue

Section

Articles