https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/issue/feed Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha 2023-12-30T13:05:39+00:00 Langen Bronto Sutrisno bronto.sutrisno@undiksha.ac.id Open Journal Systems <div id="journalDescription-61" class="journalDescription"><hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JPSR</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>JPSR Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Three issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix <a href="https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2">10.23887/jjpbs.v12i2</a></strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2613-960X" target="_blank" rel="noopener">2613-960x</a> </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2613-9596" target="_blank" rel="noopener">2613-9596</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6763706" target="_blank" rel="noopener">Langen Bronto Sutrisno</a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://ejournal.undiksha.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>Faculty of Languages and Arts - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha </strong>is a scientific journal published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results and the results of community service in the field of education and learning about education. </p> <p><strong>p-ISSN : <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2613-960X" target="_blank" rel="noopener">2613-960x</a> (cetak) dan e-</strong><strong>ISSN : <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2613-9596" target="_blank" rel="noopener">2613-9596</a> (online)</strong></p> </div> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73307 PENGGUNAAN APLIKASI IBIS PAINT X PADA PEMBELAJARAN KELAS FASE F SENI LUKIS DIGITAL DI SMK NEGERI 1 SUKASADA 2023-12-30T11:36:37+00:00 I Gusti Ngurah Alit Sudiarsana alit.sudiarsana@undiksha.ac.id I Nyoman Rediasa nyoman.rediasa@undiksha.ac.id Agus Sudarmawan agus.sudarmawan@undiksha.ac.id <p>Seni digital adalah metode menciptakan sebuah seni digital atau teknik untuk membuat seni digital dalam computer dan smartphone. Sebagai metode menciptakan sebuah seni,menyesuaikan media lukisan tradisional seperti cat akrilik, minyak, tinta, dll dan pigmen berlaku untuk operator tradisional, seperti kain tenun kanvas, kertas, polyester dll dengan menggunakan perangkat lunak computer atau smartphone. Dari banyaknya aplikasi yang tersedia guru seni lukis di SMKN 1 Sukasada memilih aplikasi Ibis Paint untuk dijadikan sebagai aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran seni lukis digital yang bertujuan untuk memperoleh data tentang (1) Aplikasi digital yang digunakan pembelajaran seni rupa digital (2) Langkah-langkah dan tahapan pelaksanaan pembelajaran seni lukis digital. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Aplikasi yang digunakan pembelajaran seni rupa digital pada siswa fase f kelas seni lukis di SMK Negeri 1 sukasada yaitu ibis paint x. (2) langkah-langkah dan tahapan pelaksanaan pembelajaran seni rupa digital yaitu memahami tools dan kompoten yang terdiri dari aplikasi ibis paint x . tahapan ibis paint x yaitu pemilihan ukuran kanvas, kus, warna,membuat sketsa, membuat line art, dll. Tools ibis paint x yaitu transform, magic tool, lasso tool, filter, smudge, dll.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata-kata Kunci</strong> : Aplikasi (Ibis Paint x), Smartphone, Tools.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73308 DEKORASI KERAJINAN GERABAH DI DESA PENAKAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR 2023-12-30T11:56:29+00:00 Yuliana Khairi Putri yuliana.khairi@undiksha.ac.id Gede Eka Harsana Koriawan harsana.koriawan@undiksha.ac.id Agus Sudarmawan agus.sudarmawan@undiksha.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk, proses pembuatan dan nilai estetika yang terdapat dalam motif kerajinan gerabah di desa Penakak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kulitatif dan dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu pemilik galeri dan para pengrajin gerabah di galeri Yatni ArtShop desa Penakak Kabupaten Lombok Timur. Dan objek dari penelitian adalah hasil karya dekorasi kerajinan gerabah di desa Penakak Kabupaten Lombok Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Bentuk-bentuk dekorasi kerajinan gerabah<em>. </em>2) Proses pembuatan dekorasi kerajinan gerabah. 3) Nilai estatika yang terkandung dalam motif dekorasi kerajinan gerabah. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah dekorasi kerajinan gerabah di desa Penakak memiliki bermacam-macam bentuk dan motif, dimana proses pembuatan dekorasinya memerlukan gerabah yang setengah kering dan adapula yang sudah dibakar. Selain itu, dalam motif dekorasi gerabah di desa penakak memiliki nilai estetika yang dapat dilihat dari unsur-unsur seni rupa dan prinsip-prinsip seni rupa.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Dekorasi kerajinan gerabah, proses pembuatan, motif, estetika</p> <p>&nbsp;</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73310 LUKISAN KOLASE DARI SAMPAH PLASTIK MADE AGUS JANARDANA DI DESA BUNGKULAN,KECAMATAN SAWAN, KABUPATEN BULELENG, BALI 2023-12-30T12:01:44+00:00 Kadek Rizky Setiawan rizky.setiawan@undiksha.ac.id I Gusti Ngurah Sura Ardana surartdana@gmail.com Gede Eka Harsana Koriawan harsana.koriawan@undiksha.ac.id <p>Indonesia merupakan negara dengan memiliki kreativitas yang tinggi, salah satunya adalah lukisan kolase dari bahan sampah plastik. Penelitian Lukisan kolase Dari Sampah Plastik Made Agus Janardana Di Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang (1) alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan lukisan wajah dari bahan sampah plastik, (2) proses pembuatan lukisan wajah dari bahan sampah plastik (3) mencari nilai estetika dalam lukisan kolase dari bahan sampah plastik didesa bungkulan, kecamatan sawan, buleleng, bali. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode, observasi, wawancara, dokumentasi. Penulis menggunakan metode penelitiaan berjenis metode penelitian deskriptif kulitatif. &nbsp;Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik ini antara lain gunting, pisau/cutter, laptop, aplikasi photoshop. Dan bahan yang digunakan damlam pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik ini adalah sampah plastik, lem fox, kertas, bingkai. Proses pembuatan lukisan kolase dari bahan sampah plastik ini adalah diawali dengann desain wajah menggunakan aplikasi photoshop di dalam laptop, lalu dilanjutkan dengan mencetak desain dengan dua rangkap cetakan yang dibutuhkan. Setelah itu cetakan yang pertama digunakan sebagai mal dan cetakan yang kedua di jadikan sebagai media. Mal dipotong sesuai warna. Lalu dilanjutjan dengan pemilihan sampah plastik yang cocok dengan mal dan langsung dipotong sesuai mal. Setelah itu sampah yang telah dipotong di tempel dengan cetakan desain yang dijadikan media. Begitu seterusnya sampai seluruh desain tertutupi oleh sampah plastik. Nilai estetika dalam lukisan kolase dari bahan sampah plastik ini antara lain dari unsur titik, garis, ruang tekstur, warna, dan gelap terang.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> kolase, sampah, plastik&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73311 TRANSFORMASI IKONOGRAFI TAMAN KOTA ASEMBAGUS KE DALAM BATIK DESI NURUL KOMALA SARI 2023-12-30T12:07:12+00:00 Desi Nurul Komala Sari desi.nurul@undiksha.ac.id Agus Sudarmawan agus.sudarmawan@undiksha.ac.id I Ketut Sudita Ketut.Sudita@undiksha.ac.id <p>Transformasi Ikonografi Taman Kota Asembagus ke dalam Batik Desi Nurul Komala Sari diteliti dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan (<em>Action Research</em>) yang digolongkan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Keberadaan Taman Kota Asembagus, 2) Semiotika dasar ikonik Taman Kota Asembagus pada visualisasi batik karya Desi Nurul Komala Sari. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, observasi, wawancara, &nbsp;dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Keberadaan Taman Kota Asembagus yaitu asal mula nama Asembagus, berdirinya Taman Kota Asembagus, ikonik dan keadaan lingkungan Taman Kota Asembagus. (2) Semiotika dasar ikonik Taman Kota Asembagus pada visualisasi batik karya Desi Nurul Komala Sari yang meliputi deskripsi semiotika dan unsur-unsur seni rupa, alat dan bahan, proses pembuatan karya batik, nilai semiotika karya batik Desi Nurul Komala Sari berdasarkan unsur-unsur seni rupa. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah transformasi ikonografi Taman Kota Asembagus ke dalam karya batik Desi Nurul komala sari dengan tujuan mendeskripsikan keberadaan Taman Kota Asembagus dan semiotika ikonik pada visualisasi batik Desi Nurul Komala Sari. Setelah tervisualkan karya batik tersebut didiskusikan bersama dosen, pengamat seni, dan teman sejawat sebagai evaluasi karya untuk pengembangan diri peneliti dan sebagai referensi peneliti selanjutnya.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Transformasi,Taman Kota Asembagus, Batik.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73312 PENERAPAN MEDIA TUTORIAL MENGGAMBAR DUA DIMENSI PADA AKUN INSTAGRAM SAKINKAKTUS SEBAGAI PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS X SMA NEGERI 1 JONGGAT 2023-12-30T12:12:17+00:00 Nova Erlina nova.erlina@undiksha.ac.id Langen Bronto Sutrisno bronto.sutrisno@undiksha.ac.id Gede Eka Harsana Koriawan harsana.koriawan@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karya seni rupa 2 dimensi pada akun instagram Sakinkaktus, penerapan serta hasil karya media tutorial akun instagram Sakinkaktus dalam pembelajaran menggambar 2 dimensi pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Jonggat tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dirancang menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini siswa kelas X semester genap di SMA Negeri 1 Jonggat, sedangkan objek yang diambil yakni akun instagram Sakinkaktus sebagai media pembelajaran berbasis tutorial pada pembelajaran Seni Rupa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, wawancara dan hasil karya. Hasil yang diperoleh yakni penerapan media instagram sakinkaktus menjadi salah satu media pendukung dalam pembelajaran seni rupa guna mempermudah siswa dalam menciptakan karya. Penerapan media dalam pembelajaran juga mempermudah guru dalam melaksanakan sekaligus pengemabanagan kurikulum merdeka. Objek dan teknik yang ditampilkan siswa sebagian besar menggunakan teknik yang sama, dengan objek yang beragam mulai dari objek yang langsung di lingkungan dan objek yang telah jadi dalam tutorial dan ada pula karya yang menggabungkan objek lingkungan dan imajinasi untuk menimbulkan kesan artistic ke dalam karya yang telah diciptakan.</p> <p><strong>Kata-kata Kunci</strong>: Instagram, Media tutorial, Seni Rupa.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73313 PEMBELAJARAN TEKNIK SULAM DENGAN METODE KERJA KELOMPOK DI SDN KRAJAN 02 KECAMATAN MEJAYAN KABUPATEN MADIUN 2023-12-30T12:17:53+00:00 Weka Arum Salsadilla weka.arum@undiksha.ac.id Luh Suartini luh.suartini@undiksha.ac.id Langen Bronto Sutrisno bronto.sutrisno@undiksha.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode kerja kelompok dalam pembelajaran teknik sulam dan mengetahui hasil akhir metode kerja kelompok dalam pembelajaran teknik sulam di SDN Krajan 02.penelitian ini menggunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui metode kerja kelompok dan hasil akhir kerja kelompok dalam pembelajaran teknik sulam di SDN Krajan 02.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan seleksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan :karya 1 menyulam bentuk pola bunga dikerjakan dengan cukup bagus dan karya 2 menyulam bentuk pola ragam hias mengahsilkan sulaman yang lebih bagus. Kesimpulan dari penelitian ini dengan penggunaan metode pembelajaran kerja kelompok pada pembelajaran seni kriya tekstil siswa kelas V SDN Krajan 02 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa</p> <p><strong>Kata Kunci </strong>:metodekerjakelompok,pembelajaran teknik sulam,hasil belajar</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73314 KERAJINAN GAMELAN “GANGSA” BALI DI GONG ARATHAYASA, BANYUPOH, BULELENG - BALI 2023-12-30T12:23:16+00:00 Ariyanti Okta Viana ariyanti@undiksha.ac.id I Gusti Made Budiarta made.budiarta@undiksha.ac.id I Ketut Sudita ketut.sudita@undiksha.ac.id <p>Kerajinan gamelan “gangsa” Bali di Gong Arthayasa, Banyupoh, Buleleng - Bali diteliti dengan menggunakan metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan gangsa Bali di Gong Arthayasa, 2) Proses pembuatan kerajinan gamelan gangsa Bali di Gong Arthayasa, dan 3) Motif hias yang terdapat pada kerajinan gamelan gangsa Bali di Gong Arthayasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, observasi, wawancara,&nbsp; dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan gangsa Bali di Gong Arthayasa yaitu berupa, bahan baku berupa: perunggu, serta alat: palu, wadah melebur (muse), supit tang besi, culik atau penyulikan, landesan, gerinda, amplas, kikir, pangur, blander, tempat pencetakan, bor duduk, dan timbangan, 2) Proses pembuatan kerajinan gamelan gangsa Bali di Gong Arthayasa melalui tiga tahap, a) tahap awal, proses pemilihan bahan baku, b) tahap inti, proses melebur atau membesot, proses mencetak atau menyinggi, proses menempa, dan proses membabar, c) tahap akhir, proses melubangi bilah, proses pemasangan bilah pada pelawah, dan hasil produk yang telah jadi, dan 3) Motif hias yang terdapat pada kerajinan gamelan gangsa Bali di Gong Arthayasa berupa: motif hias karang boma, patra samblung, kakul-kakulan, panil dan karang goak.</p> <p><strong>Kata-kata Kunci</strong>: kerajinan, bahan dan alat, proses, motif hias</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73315 MAKNA DAN NILAI ESTETIS BATIK “BAROKAH” DI DESA KENONGOREJO, MADIUN 2023-12-30T12:28:13+00:00 Perianto Perianto perianto12@undiksha.ac.id I Nyoman Rediasa nyoman.rediasa@undiksha.ac.id Agus Sudarmawan agus.sudarmawan@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dan nilai estetis batik “barokah" di Desa Kenongorejo, Madiun. Motif yang di hasilkan di sentra batik “barokah” yaitu batik bunga kenanga, batik tanaman porang, batik serat jati dan juga batik gabah sinawur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik obsevasi, teknik interview ( wawancara ), teknik dokumentasi, teknik kepustakaan dan analisis data menggunakan analisis domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Alat, bahan, serta proses pembuatan batik tulis yang mendukung terciptanya motif khas di batik “barokah” . (2) makna dan nilai estetis batik “barokah” terhadap motif-motif yang dihasilkan di sentra batik “barokah” di analisis berdasarkan teknik pembuatan, berdasarkan fungsi, dan juga berdasarkan motif.</p> <p><strong>Kata-kata kunci:</strong> estetis, motif batik, sentra “barokah”</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73316 PATUNG DAN UKIRAN PARAS ( PADAS ) KHAS BULELENG DI PURA DALEM SANGSIT KECAMATAN SAWAN BULELENG 2023-12-30T12:32:19+00:00 I Dewa Putu Mahesatya Kencana mahesatya@undiksha.ac.id I Ketut Sudita Ketut.Sudita@undiksha.ac.id I Gusti Made Budiarta made.budiarta@undiksha.ac.id <p>Penelitian Patung dan Ukiran <em>Paras</em> (Padas) Khas Buleleng di Pura Dalem San gsit Kecamatan Sawan Buleleng adalah karya seni yang mencerminkan karakter gaya Buleleng. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang (1) Ciri khas pada patung dan ukiran <em>paras</em> (padas) di Pura Dalem Sangsit. (2) Bentuk patung dan motif ukiran <em>paras</em> (padas) khas Buleleng di Pura Dalem Sangsit. (3) Pola gerak pada patung <em>paras </em>(padas) khas Buleleng di Pura Dalem Sangsit. Metode penelitian ini adalah metode deskrptif kualitatf. Objek penelitian ini yaitu patung dan ukiran <em>paras</em> (padas) khas Buleleng. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah: Ciri khas pada patung dan ukiran <em>paras</em> (<em>padas</em>) khas Buleleng yaitu memiliki gerak yang dinamis, dan memiliki wajah yang tidak kaku. Ukiran <em>paras </em>nya memiliki bentuk yang besar dan dangkal serta memiliki alur yang bebas. Bentuk patung <em>paras</em> di Pura Dalem Sangsit yaitu patung Lenda Lendi, patung Bhuta Naya, patung Kalika Kaliki, patung Bhuta Sungsang, patung Dadong Among, dan Patung Dewa Dewi. Motif ukiran di Pura Dalem Sangsit adalah ukiran <em>don sungenge</em>, ukiran <em>bungan sungenge</em>, ukiran daun semangka, ukiran <em>don paye</em>, ukiran simbarmenjangan. Pola gerak patung yakni <em>metimpuh</em>, <em>mekipekan</em>, <em>mingseh, ngiles</em>, dan <em>sengel/leleng.</em></p> <p><strong>Kata kunci</strong>: patung, ukiran, <em>paras</em>, pura dalem</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73318 EKSISTENSI MATERI AJAR SENI LUKIS TRADISIONAL BALI PADA JURUSAN SENI LUKIS DI SMK NEGERI 1 SUKAWATI, GIANYAR 2023-12-30T12:36:43+00:00 Ngakan Nyoman Adi Parwata ngakan.adi@undiksha.ac.id I Gusti Nengah Sura Ardana sura.ardana@undiksha.ac.id I Nyoman Rediasa nyoman.rediasa@undiksha.ac.id <p>Artikel ini berjudul “Eksistensi Materi Ajar Seni Lukis Tradisional Bali Pada Jurusan Seni lukis di SMK Negeri 1 Sukawati, Gianyar”. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk mengetahui (1) latar belakang penggabungan materi ajar seni lukis tradisional Bali (2) jabaran dan ruang lingkup materi ajar seni lukis tradisional Bali (3) minat pendalaman terhadap seni lukis tradisional Bali oleh para peserta didik sejak penggabungan materi ajar seni lukis tradisional Bali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data diperoleh melalui tahapan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah beserta guru seni lukis Tradisional Bali atau seni lukis dekoratif. Dengan demikian hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1) latar belakang penggabungan materi ajar seni lukis tradisional Bali agar seni lukis tradisional Bali tetap eksis di pendidikan formal (2) materi ajar seni lukis tradisional Bali yang diperoleh oleh peserta didik lebih banyak dibandingkan setelah penggabungan menjadi satu jurusan (3) minat pendalaman terhadap seni lukis tradisional Bali dapat dilihat dari hasil karya yang sudah dikerjakan oleh para peserta didik.</p> <p><strong>Kata-kata Kunci</strong>: eksistensi, materi ajar, seni lukis tradisional bali</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73319 EKSISTENSI BATIK DI SMK NEGERI 2 TEGALSARI BANYUWANGI 2023-12-30T12:41:41+00:00 Rika Aprilianingsih rika@undiksha.ac.id I Wayan Sudiarta wayan.sudiarta@undiksha.ac.id Gede Eka Harsana Koriawan harsana.koriawan@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Untuk mendeskripsikan sejarah berdirinya SMK Negeri 2 Tegalsari sehingga terbentuk Jurusan Kriya Testil (2) Untuk mengetahui kebijakan, sarana pendukung dan sumber daya manusia serta sumber daya lingkungan dalam pembelajaran Kriya Tesktil sehingga terciptanya kenyaman dalam pelaksanaan pembelajaran membatik di SMK Negeri 2 Tegalsasri. (3) Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan pelaksanaan pembelajaran membatik di SMK Negeri 2 Tegalsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif. Objek penelitian ini Adalah “Eksistensi Batik Di Smk Negeri 2 Tegalsari Banyuwangi”. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan keperpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Sejarah berdirinya sekolah ini dimana pondok pesantren Mabadi’ul Ihksan menghibahkn tanah kepada pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi guna untuk didirikan lembaga SMK Negeri 2 Tegalsari, hal ini terjadi pada tahun 2014 pada tahun ini dibuka 4 jurusan yaitu jurusan Desain Poduk Kriya Tekstik (DPKT), Multimedia (MM), Teknik Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP), dan Teknik Gambar Bangunan (TGB). (2) Kebijakan kurikulum pembelajaran sesuai dengan dunia industri, yaitu Program <em>Teaching Factory</em> (TEFA), sarana pendukung lainya seperti ruang penunjang pembelajaran praktek serta sumber daya manusia yaitu guru yang terlatih sesuia bidang &nbsp;(3) Keunggulan yang dimiliki SMK Negeri 2 Tegalsari bias dilihat dari SDM guru yang sudah memiliki sertifikasi profesi pada bidang seni rupa khususnya Tekstil, selain itu krikulum berbasis Industri, kelemahan masih kurangnya fasilitas sarana dan prasarana yang belum seimbang antara siswa&nbsp; melaksanakan kegiatan praktek hal ini disebabkan sekolah SMK Negeri 2 Tegalsari masih dalam tahap kegiatan pembangunan sekolah.</p> <p><strong>Kata-kata kunci</strong>: Batik, Testil, Eksistensi</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73320 KERAJINAN GELANG AKAR BAHAR DI KAMPUNG ADAT SADE, DESA REMBITAN, KECAMATAN PUJUT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH 2023-12-30T12:45:58+00:00 Reza Septaria reza@undiksha.ac.id I Nyoman Sila nyoman.sila@undiksha.ac.id I Gusti Made Budiarta made.budiarta@undiksha.ac.id <p>Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis dan nilai estetis pada Kerajinan Gelang Akar Bahar di Kampung Adat Sade. Data diperoleh dengan melalui tahap observasi dan wawancara terhadap pengrajin dengan menganalisis domain dan menganalisis taksonomi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan untuk mengetahui: jenis-jenis dan nilai estetis Gelang Akar Bahar di Kampung Adat Sade Desa Rembitan Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Dengan demikian hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: gelang akar bahar dikampung adat Sade memiliki tiga jenis model atau bentuk gelang yakni gelang akar bahar bersulur, gelang akar bahar bercabang dan gelang akar bahar bermata. Nilai estetis pada gelang akar bahar diwujudkan pada ragam variasi model masing-masing gelang dan warna serta tekstur alami ataupun buatan yang dihasilkan dari</p> <p><strong>Kata-kata Kunci</strong>: kerajinan, gelang, akar bahar.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023