https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/issue/feed Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha 2024-12-25T03:06:20+00:00 Langen Bronto Sutrisno bronto.sutrisno@undiksha.ac.id Open Journal Systems <div id="journalDescription-61" class="journalDescription"><hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JPSR</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>JPSR Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Three issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix <a href="https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2">10.23887/jjpbs.v12i2</a></strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2613-960X" target="_blank" rel="noopener">2613-960x</a> </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2613-9596" target="_blank" rel="noopener">2613-9596</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6763706" target="_blank" rel="noopener">Langen Bronto Sutrisno</a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://ejournal.undiksha.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>Faculty of Languages and Arts - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha </strong>is a scientific journal published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results and the results of community service in the field of education and learning about education. </p> <p><strong>p-ISSN : <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2613-960X" target="_blank" rel="noopener">2613-960x</a> (cetak) dan e-</strong><strong>ISSN : <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2613-9596" target="_blank" rel="noopener">2613-9596</a> (online)</strong></p> </div> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/86778 PENERAPAN GAYA KLASIK DALAM PEMBUATAN PATUNG OLEH SENIMAN DEWA PUTRA DI DESA SINGAPADU KABUPATEN GIANYAR BALI 2024-11-30T00:16:08+00:00 I Ketut Sudita ketut.sudita@undiksha.ac.id I Gusti Nengah Sura Ardana sura.ardana@undiksha.ac.id <p>Penelitian &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; ini &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; mengambil &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; tema Penerapan &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Gaya &nbsp;&nbsp; Klasik dalam Pembuatan Patung Oleh seniman Dewa Putra di Desa Singapadu Gianyar Bali, Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, lokasi penelitian adalah di bengkel kerja Dewa Putra di desa Singapadu Kabupaten Gianyar Bali. Peneliti tertarik untuk meneliti ini adalah adanya penerapan gaya klasik &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; yang &nbsp;&nbsp; tidak &nbsp;&nbsp; lasim &nbsp; bagi kebanyakan seniman &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; patung.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Karena keteguhan hatinya untuk mempertahankan dalam pembuatan patung bergaya &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; klasik &nbsp; sehingga sekarang &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; telah &nbsp;&nbsp; banyak &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; yang menyukainya. Karyanya tidak saja menghias hotel, restaurant, rumah tinggal, sanggah , merajan, pura, Patung buatan Dewa Putra telah banyak yang mengoleksi menjadi penghias museum, gallery, baik lokal, nasional &nbsp; bahkan &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; internasional, sehingga Dewa Putra kewalahan memenuhi pesanan yang datang dari berbagai penjuru.</p> <p>Dewa Putra sekarang telah banyak menghimpun seniman dan pengrajin ukir untuk dapat memenuhi pesanan tersebut. Dengan demikian penelitian ini lebih banyak&nbsp; mengungkap dan mendalami tentang karya karya yang dibuat,&nbsp; proses dan teknik</p> <p>pengerjaannya.</p> 2024-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/87257 LAYOUT DESAIN POSTER DIGITAL KARYA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA UNDIKSHA 2024-12-24T06:28:19+00:00 I Gusti Made Budiarta made.budiarta@undiksha.ac.id Langen Bronto Sutrisno bronto.sutrisno@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini mengkaji tentang layout Desain Poster Digital Karya Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Undiksha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan prinsip hierarki dan penerapan prinsip Keseimbangan pada Layout Poster digital pada karya mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa Undiksha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menjelaskan dan menguaraikan prinsip hierarki dan prinsip keseimbangan dengan didukung oleh dokumen gambar karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Undiksha. Penelitian ini mengambil sample desain poster digital karya 10 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Undiksha yang mengikuti perkuliahan DKV semester V, Tahun Akademik 2022/2023. Hasil penelitian ini terdapat karya 4 karya desain yang kurang menerapkan prinsip hierarki dan 6 karya desain sudah menunjukkan penerapan hierarki pada layout. Pada penerapan prinsip keseimbangan, desain poster digital terdapat 2 desain yang menampilkan keseimbangan simetris dan 8 karya desain memperlihatkan keseimbangan asimetris.</p> 2024-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/87077 PRAKTEK ECOPRINT UNTUK MENDORONG KETERAMPILAN BERKARYA SENI SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR 2024-11-30T00:18:59+00:00 YUSRIL ASSEGAF PURNAMA 202033291@std.umk.ac.id Nur Fajrie nur.fajrie@umk.ac.id Imaniar Purbasari imaniar.purbasari@umk.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang praktek <em>ecoprint</em> untuk mendorong keterampilan berkarya seni siswa di tingkat sekolah dasar, memperoleh informasi tentang faktor penghambat dan faktor pendukung praktek <em>ecoprint</em> di tingkat sekolah dasar, dan mengambil hasil penilaian keterampilan berkarya seni <em>ecoprint</em> untuk siswa di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsif yang dilaksanakan di kelas IV SDN Sarirejo 01 dengan subjek penelitian 26 siswa. Metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa siswa yang mempunyai keterampilan berkarya seni adalah siswa yang memunculkan 4 dimensi kreatif.</p> 2024-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/87404 ANALISIS GAMBAR EKSPRESIF SISWA SDN 5 LES KABUPATEN BULELENG, BALI 2024-12-24T06:30:15+00:00 Luh Suartini luh.suartini@undiksha.ac.id I Ketut Supir Ketut.supir@undiksha.ac.id Langen Bronto Sutrisno bronto.sutrisno@undiksha.ac.id Putri Ana Sabilillah putri.ana@student.undiksha.ac.id <p>Penelitian ini merupakan penelitian tentang analisis gambar ekspresif siswa SDN 5 Les, Kabupaten Buleleng, Bali. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memaparkan karya gambar anak SDN Les atau rentang usia 9-12 tahun. Adapun teori yang dipilih dalam memecahkan persoalan adalah teori pendidikan seni, khususnya perihal perkembangan seni rupa anak-anak dengan mengacu pada Victor Lowenfeld. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa unsur visual karya siswa SDN 5 Les Kabupaten Buleleng terdiri dari ciri-ciri: (1)Kesadaran dan kepekaan kongkrit, (2)Gambar anak mendekati keadaan&nbsp; nyata , (3)Anak memiliki keinginan, (4)Anak lebih mengembangkan kesadaran visual, (5) penggambaran mengekspresikan emosinya. Interpretasi anak yang dituangkan pada lukisan memperlihatkan segala sesuatu yang dekat dengan&nbsp;kehidupannya.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>gambar ekspresif, siswa SD, ciri, interpretasi</p> <p>&nbsp;</p> <p><em>This research focuses on analyzing expressive drawings by students of SDN 5 Les, Buleleng Regency, Bali. The research employs a qualitative method by presenting artwork created by students of SDN Les, aged 9-12 years. The theoretical framework chosen to address the issue is the theory of art education, specifically regarding the development of children's visual art, based on Victor Lowenfeld's approach. The findings reveal that the visual elements in the artwork of SDN 5 Les Buleleng students include the following characteristics: (1)Awareness and sensitivity to concrete objects, (2)Children's drawings approach realism, (3)The children exhibit desires, (4)They develop visual awareness, and (5)The drawings express their emotions. The student’s interpretations, as conveyed through their paintings, reflect aspects of their lives that are close and meaningful to them.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong><em> expressive drawings, elementary school students, characteristics, interpretation</em></p> 2024-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/88429 Pengembangan Modul Tenun Bima pada Mata Pelajaran Tenun di SMK Negeri 3 Kota Bima Nusa Tenggara Barat 2024-12-22T03:52:03+00:00 Irfan Hidayat irfanhidayat@staff.unram.ac.id Gozin Najah Rusyada gozin@staff.unram.ac.id <p>Dasar seni rupa sangat penting karena merupakan fondasi yang mendasari pemahaman dan pengembangan keterampilan dalam berkarya seni. Penelitian ini bertujuan untuk Menyusun e-modul dasar seni rupa yang sesuai untuk mahasiswa program studi PGSD di mata kuliah Pendidikan Seni Rupa SD, mengetahui dan mendeskripsikan penerapan e-modul dasar seni rupa untuk pembelajaran di kelas, mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan e-modul dasar seni rupa yang disusun untuk mahasiswa program studi PGSD Universitas Mataram. Hasil penilaian e-modul didapatkan melalui validasi ahli media, juga penilaian dari mahasiswa. Berdasarkan rata-rata hasil penilaian, e-modul dasar seni rupa termasuk dalam kategori yang “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.</p> 2024-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/89453 ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL PADA VIDEO MUSIK “MAESTRO” BY SEVENTEEN SEBAGAI REPRESENTASI ISU MANUSIA VS. AI 2024-12-23T23:21:51+00:00 Ni Luh Putu Vanesha Axelia Damayanti vanesha.axelia@undiksha.ac.id I Nyoman Sila nyoman.sila@undiksha.ac.id Luh Suartini luh.suartini@undiksha.ac.id <p>Salah satu <em>boyband</em> K-pop yang terkenal di Korea Selatan saat ini adalah <em>Seventeen</em> yang merupakan grup di bawah naungan agensi <em>Pledis Entertainment.</em> Berbeda dengan kebanyakan grup K-pop lainnya, para anggota S<em>eventeen</em> terlibat langsung dalam proses produksi lagu, album, hingga koreografi yang mereka bawakan saat hendak melangsungkan <em>comeback</em>. Video musik <em>‘MAESTRO’</em> milik <em>Seventeen</em> menarik banyak perhatian karena tema yang diangkat, yaitu manusia versus AI. AI atau <em>Artificial Intelligence</em> adalah&nbsp;simulasi kecerdasan manusia yang diterapkan ke dalam sistem komputer atau perangkat mesin lain, sehingga perangkat tersebut punya cara berpikir seperti manusia. Tema ini menimbulkan perdebatan tentang apakah AI bisa menggantikan kreativitas dan keunikan manusia dalam seni. Artikel ini merupakan bagian dari skripsi yang berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL PADA VIDEO MUSIK <em>“MAESTRO”</em> BY SEVENTEEN SEBAGAI REPRESENTASI ISU MANUSIA VS. AI” dimana memaparkan tentang tema, properti, hand property, dan setting latar dalam sudut pandang semiotika menurut Charles Sanders Peirce dengan metode kualitatif-deskriptif yang didapat dengan cara pengumpulan informasi melalui berbagai sumber. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui arti video musik dari sudut pandang yang berbeda, tidak semata-mata hanya berfokus pada visualisasi idolnya saja. Penelitian ini memiliki hasil dari sudut pandang kacamata semiotika, khususnya teori Peirce yang menyimpulkan apa-apa saja yang terkandung dalam video musik <em>‘MAESTRO’</em> mengenai sign, objek, dan juga interpretan.</p> 2024-12-25T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha