https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/issue/feed Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha 2024-11-09T04:35:07+00:00 Editorial Team Jurnal Pendidikan Elektro Undiksha jjpte.undiksha@gmail.com Open Journal Systems <div id="journalDescription-52" class="journalDescription"> <p><strong>Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha</strong> adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Ganesha yang dikelola di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik dan Kejuruan. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan Teknik Elektro dan Teknik Elektronika. Pada akhirnya jurnal ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan teknik elektro dan teknik elektronika bagi masyarakat yang membutuhkan.</p> <p>Print ISSN <a href="http://u.lipi.go.id/1512019112" target="_blank" rel="noopener">2599-1493</a></p> <p>Online ISSN <a href="http://u.lipi.go.id/1511513750" target="_blank" rel="noopener">2599-1531</a> </p> <p>DOI Prefix 10.23887</p> <p><strong>Menerbitkan 3 (Tiga) Volume per Tahun di bulan April, Agustus, Desember</strong></p> </div> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/77340 Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) Berbantuan Alat Trainer Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI TKL-2 di SMK Negeri 3 Singaraja 2024-06-27T16:15:50+00:00 I Gede Arya Sutarja Kajeng arya.sutarja@undiksha.ac.id I Gede Ratnaya gede.ratnaya@undiksha.ac.id Wayan Mahardika Prasetya Wiratama mahardika.prasetya@undiksha.ac.id <div><span lang="id">Penelitan bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan Penerapan Model Pembelajaran PjBL (<em>Project Based Learning</em>) Berbantuan Alat Trainer, menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian menggunakan Model Kemmis dan Taggart terdiri dua siklus, setiap siklus dilaksankan empat kali pertemuan. </span><span lang="id">Subjek Penelitian 35 peserta didik kelas XI TKL-2 SMK Negeri 3 Singaraja dan. Objek Penelitian yaitu Penerapan Model PjBL Berbantuan Alat Trainer. Metode pengumpulan data menggunakan tes Essay, Observasi aktivitas peserta didik, dan guru, serta dokumentasi. Teknik Analisis dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu presentase hasil kinerja guru dan kuantitatif adalah nilai ketuntasan belajar individual, rata-rata dan presentase hasil belajar. Hasil Siklus I sebesar 77,14% dan Siklus II adalah 94,29%, siklus I berada pada kategori kurang, yaitu 31 dinyatakan tuntas sedangkan pada siklus II terdapat33 dinyatakan tuntas. Sehingga penerapan model pembelajaran PBjL berbantuan alat trainer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Konsentrasi </span><span lang="id">Keahlian kelas XI TKL-2 di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun ajaran 2023/2024.</span></div> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/78728 Kontribusi Penguasaan Materi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan Minat Bidang Listrik Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Listrik Siswa Bidang Teknik di Kota Singaraja 2024-06-27T16:27:14+00:00 I Wayan Wahyu Pramana w Sutadarma wahyu.pramana.2@undiksha.ac.id I Gede Ratnaya gede.ratnaya@undiksha.ac.id Agus Adiarta agus.adiarta@undiksha.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi materi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) dan minat siswa terhadap bidang listrik terhadap hasil belajardasar listrik di SMK Negeri 3 Singaraja. </span></div> <div><span lang="SV">Menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini melibatkan 67 responden dari siswa kelas X, XI, dan XII yang dipilihsecara proporsional. Data dikumpulkan melalui kuesioner spesifik dan dianalisis dengan metode statistik modern, seperti uji one way ANOVA dan regresi linier berganda, menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil uji t pada koefisien regresi menunjukkan bahwa kedua variabel independen, yaitu K3 (X1) dan minat bidang listrik (X2), memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar dasar listrik (Y). Nilai signifikansi untuk K3 adalah 0.001 dan untuk minat bidang listrik adalah0.000, keduanya kurang dari 0.05, sehingga dinyatakan signifikan. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa penguasaan materi K3 dan minat siswaterhadap bidang listrik memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar dasar listrik siswa di SMK Negeri 3 Singaraja. Temuan ini memberikan dasar untuk meningkatkan pembelajaran K3 dan minat listrik dalam kurikulum guna meningkatkan hasil belajar siswa.</span></div> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/72690 Klasifikasi Tanaman Pinus Berbasis Forward Chaining pada Sistem Pakar 2024-04-24T01:20:54+00:00 Satria Imawan Adi Putra Pande Pande satria.imawan@undiksha.ac.id Putu Ony Andewi ony@undiksha.ac.id Gede Arya Ardivan Pratama Saputra arya.ardivan@undiksha.ac.id I Gd Ny Werdyana Guna Mertha ny@undiksha.ac.id Agus Aan Jiwa Permana agus.aan@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini menggali penerapan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam klasifikasi taksonomi tanaman pinus. Sistem pakar berbasis forward chaining dengan menggunakan bahasa pemrograman Prolog diimplementasikan untuk menyederhanakan identifikasi tanaman pinus yang kompleks. Pineaceae, keluarga tanaman pinus, memiliki peran ekologis dan ekonomis signifikan, tetapi distribusi spesies yang luas menimbulkan tantangan dalam manajemen hutan dan keberlanjutan. Metode penelitian melibatkan analisis masalah, pengumpulan data, desain rule dalam CNF, implementasi Prolog, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem dapat mengklasifikasikan tanaman pinus dengan tingkat akurasi yang tinggi. Simpulan penelitian ini menegaskan keberhasilan pengembangan sistem pakar berbasis forward chaining dengan Prolog dalam klasifikasi taksonomi tanaman pinus.</p> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/72636 Sistem Pakar - Penerapan Metode Forward Chaining Untuk Identifikasi Tanaman Hias Berdasarkan Ciri Struktur Taksonomi 2024-06-27T17:20:39+00:00 KETUT TUTUR DIATMIKA tutur@undiksha.ac.id Putu Suardana suardana.4@undiksha.ac.id I Gede Arya Winata arya.winata.2@undiksha.ac.id I Gusti Ayu Adiani Octavia ayu.adiani@undiksha.ac.id Kadek Prima Giant Marta Dinata prima.giant@undiksha.ac.id Agus Aan Jiwa Permana agus.aan@undiksha.ac.id <p>An expert system is a subset of artificial intelligence that widely applies specialized knowledge <br>to address human-level problems requiring specific expertise. Forward Chaining is one of the techniques <br>used in the inference engine, which performs forward tracking based on known facts to draw <br>conclusions. In this study, forward chaining is employed for the identification of ornamental plants based <br>on their taxonomic structure characteristics by tracing facts present in the knowledge base. The dataset <br>used to construct the knowledge base in this research is derived from literature sources such as journals <br>and published scientific articles. This research utilizes the Prolog programming language to build the <br>expert system with the goal of identifying ornamental plants based on their taxonomic structure. The <br>expert system is designed to facilitate the identification process effectively and efficiently. With the <br>forward chaining method and the use of Prolog, this expert system is capable of identifying ornamental <br>plants based on the characteristics of their taxonomic structure.</p> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/72554 Implementasi Sistem Pakar untuk Klasifikasi Tanaman Padi (Oryza sativa L.) Berdasarkan Ciri-Ciri Morfologi 2024-06-27T17:29:36+00:00 Gede Wahyu Purnama wahyu.purnama@undiksha.ac.id Agus Aan Jiwa Permana agus.aan@undiksha.ac.id I Kadek Nicko Ananda nicko@undiksha.ac.id Ni Luh Ita Purnami ita.purnami@undiksha.ac.id Gede Nanda Ageng Nugraha nanda.ageng@undiksha.ac.id Ida Bagus Sebali Mahesa Yogi bagus.sebali@undiksha.ac.id <div><span lang="IN">Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan sebuah sistem yang merupakan salah satu cabang kecerdasan buatan (AI) yaitu sistem pakar. Sistem pakar kami akan digunakan untuk mengklasifikasi varietas tanaman padi (Oryza sativa L.). Langkah-langkah yang kami lakukan untuk membangun sistem pakar ini dimulai dengan proses pengumpulan data ciri-ciri morfologi tanaman padi melalui sumber-sumber terpercaya </span><span lang="IN">(Feri Hendriawan Nasrez Akhir, 2019; Ibadin, 2021; KEW, 2023; WIS, 2021; Wopereis, 2009)</span><span lang="IN">), lalu ciri-ciri tersebut akan digunakan untuk membuat aturan (rule) yang akan diimplementasikan dalam PROLOG. Setelah itu kami membuat mesin inferensi dengan pendekatan botton-up inference. Kami berhasil membuat sistem pakar menggunakan salah satu dialek dari bahasa PROLOG yaitu SWI-PROLOG </span><span lang="IN">(Lucas &amp; Van Der Gaag, 1991)</span><span lang="IN">. Namun sistem kami hanya dapat mengklasifikasikan 5 varietas tanaman padi yaitu padi indica , japanica, ketan putih, ketan hitam dan ketan merah </span><span lang="IN">(Feri Hendriawan Nasrez Akhir, 2019; Wopereis, 2009)</span><span lang="IN">.</span></div> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/82485 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dasar Instalasi Listrik Berbasis Ispring Suite 11 2024-07-20T14:50:30+00:00 I Made Dwi Suta Negara Suta dwi.suta.negara@undiksha.ac.id I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram Surya Bumi ipracasitaram@undiksha.ac.id Agus Adiarta Agus agus.adiarta@undiksha.ac.id <div><span lang="id">Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian <em>Research and Development (R&amp;D).</em> Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif persentase dengan jenis data kuantitatif untuk mengolah data dari ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada peserta didik atau mahasiswa. Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrument pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media, dan peserta didik atau mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji validasi ahli isi sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 95% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 10 orang responden mendapatkan hasil sebesar 88,17% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok besar dari 20 orang responden mendapatkan hasil sebesar 92,25% dengan kualfikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dasar Instalasi Listrik Berbasis <em>Ispring Suite</em> 11 pada mata kuliah Dasar Instalasi Listrik di Undiksha ini dapat dibuat, dan layak digunakan untuk sarana penunjang proses pembelajaran serta mendapatkan respon yang baik dari peserta didik.</span></div> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/82541 Kontribusi Kemampuan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dalam Elemen Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 3 Singaraja 2024-07-20T15:08:43+00:00 I Kadek Adi Suta Adnyana Kadek adi.suta@undiksha.ac.id I Gede Ratnaya I Gede gede.ratnaya@undiksha.ac.id Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Wayan mahardika.prasetya@undiksha.ac.id <p style="font-weight: 400;">Penlitian ini dilaksanakan bertujuan agar mendapatkan hasil lebih dalam bagaimana kemampuan matematika dan prestasi belajar berkontribusi dalam prestasi belajar siswa pada elemen mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2023 hingga Februari 2024 di SMK Negeri 3 Singaraja, penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif Ex Post Facto. Sampel berjumlah 70 responden yang dipilih secara acak berdasarkan rumus Yamane. Data didapatkan dengan hasil yang didapatkan dari angket dan tes pilihan ganda. Hipotesis penelitian diujikan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika dan motivasi belajar bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 21% terhadap prestasi belajar pada elemen mata pelajaran tenaga listrik, dengan nilai F sebesar 8,692. Secara spesifik, kemampuan matematika memberikan kontribusi sebesar 11%, sedangkan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 10%.</p> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/82532 Implementasi Media Instalasi Listrik Rumah Tinggal Pengendali Wireless Dengan Metode Demonstrasi di SMK Negeri 1 Denpasar 2024-07-20T15:02:17+00:00 Made Pasek Dwi Temaja Pasek pasek.dwi.temaja@undiksha.ac.id Nyoman Santiyadnya Santiyadnya santiyadnya@undiksha.ac.id I Putu Suka Arsa Suka Arsa suka.arsa@undiksha.ac.id <div><span lang="EN-US">Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau <em>classroom action research </em>(PTK). Penelitian dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitianini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMKNegeri 1 Denpasar yang berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 45 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Hasil pelaksanaan siklus I, aktivitas guru dan juga siswayang diperoleh mencapai kualifikasi baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil ketuntasan klasikal sebesar 78.20% dari jumlah hasil belajar siswa secarakeseluruhan yaitu sebesar 3653.1 terhadap penguasaan materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi siklus II, aktivitas guru dan juga siswa mencapai kualifikasi sangat baik. Hal ini sesuai dengan hasil test pada siklus II, yakni dari 46 siswa mendapatkan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 89.13%. Hasil evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 10.93%. Maka jika dilihat dari aktivitas siswa, indikator proses sudah berhasil. Dengandemikian dapat diketahui bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar.</span></div> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/82552 Kontribusi Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa SMK Negeri 3 Singaraja 2024-07-20T15:12:38+00:00 Ni Luh Gede Intan Adnya Swari Intan intan.adnya@undiksha.ac.id I Gede Ratnaya Ratnaya gede.ratnaya@undiksha.ac.id Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Mahardika mahardika.prasetya@undiksha.ac.id <table style="height: 419px;" width="809"> <tbody> <tr> <td width="406"> <p><em>This research aims to examine the contribution of learning motivation and Learning discipline on the learning outcomes of electrical lighting installation for State Vocational School students 3 Singara, the research design used in this research is ex post facto with quantitative methods using data collection techniques observation, questionnaire and documentation methods, which the analysis uses simple regression analysis. The population in this study were students in class X1 and X11 majoring in Electrical Power Installation Engineering, SMK Negeri 3 Singaraja, engineering sampling using random sampling of 58 respondents, Based on the results of the analysis, it shows that (1) First hypothesis testing shows that there is a significant influence on learning motivation results of learning about electrical lighting in stallation for class XI and XII students at SMK Negeri 3 Singaraja (2) Testing the second hypothesis shows that learning discipline is not influence on learning outcomes in electrical lighting installation subjects (3) Learning discipline does not affect learning outcomes so no multiple correlation testing was carried out.</em></p> </td> </tr> </tbody> </table> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/83244 Pengembangan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off-Grid Berbasis Automatic Transfer Switch Pada Mata Kuliah Pembangkit Tenaga Listrik 2024-11-09T04:35:07+00:00 firman syah firmansyah@undiksha.ac.id Arsa I Putu Suka Arsa suka.arsa@undiksha.ac.id Pracasitaram I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram pracasitaram@undiksha.ac.id <div><span lang="SK">Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off-Grid yang menggunakan <em>Automatic Transfer Switch</em> untuk meningkatkan proses pembelajaran dalam Mata Kuliah Pembangkit Tenaga Listrik. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dan pengembangan (R&amp;D). Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner yang diisi oleh ahli media, ahli materi, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase hasil uji coba dari ahli media adalah 98,80%, dengan kualifikasi sangat layak. Sedangkan ahli materi mencapai 96,87% dengan kualifikasi sangat layak. Uji coba pada kelompok kecil dan besar juga menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan semua responden memberikan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off-Grid Berbasis <em>Automatic Transfer Switch</em> ini layak digunakan dalam proses pembelajaran pembangkit tenaga listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, dan mendapat tanggapan positif dari mahasiswa.</span></div> 2024-08-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha