PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS PROYEK GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

I Nyoman Medi Suartawan, Nyoman Santiyadnya, Gede Nurhayata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis proyek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 25 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup data tentang hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan. Data hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis proyek terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirusahaan siswa. Pada refleksi awal diketahui persentase rata-rata hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa sebesar 73,46 dengan ketuntasan klasikal 48%. Pada siklus I persentase rata-rata siswa meningkat menjadi 77,46 dengan ketuntasan klasikal 60%. Hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kembali meningkat pada siklus II yaitu menjadi 80,24 dengan ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbasis proyek efektif untuk meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015.

 

Kata-kata kunci : Model Quantum Teaching, hasil belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF file view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.