PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Gede Astawan, Made Santo Gitakarma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan penerapan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BB1 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 32 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup data tentang hasil belajar siswa dari tiga ranah yaitu afektif, kognitif dan psikomotor dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. Data hasil belajar pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan diperoleh dengan menggunakan observasi bentuk rating scale untuk penilaian afektif, data kemampuan pemahaman konsep atau penilaian kognitif siswa dikumpulkan melalui tes objektif berbentuk multiple choice dan data keterampilan penilaian psikomotor mengunakan observasi unjuk kerja. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, terjadi peningkatan hasil belajar ketiga ranah afektif, kognitif dan psikomotor dengan rata-rata 55 yang berada pada kategori kurang dengan ketuntasan klasikal sebesar 13% pada prasiklus menjadi rata-rata 70 yang berada pada kategori baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 72% pada siklus I menjadi rata-rata 74 yang berada pada kategori amat baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 94% pada siklus II.

 

Kata kunci: metode demonstrasi, hasil belajar.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF file view : 341 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.