PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK PADA INSTALASI MOTOR LISTRIK DI JURUSAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN

Ika Pratama, I P. Suka Arsa, G. Ratnaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran trainer pengendali elektromagnetik pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran dikelas XI Jurusan Teknik Ketenagalistrikan Prodi Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Denpasar. Untuk penelitian pengembangan media ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Dengan teknik pengumpulan data berupa angket kelayakan/validasi ahli isi dan media, angket respon siswa (kelompok kecil dan kelompok besar). Hasil uji validasi isi memperoleh persentase 96,25% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi media memperoleh persentase 93,33% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 88,00% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar memperoleh persentase 93,05% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, Media Pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik layak digunakan dan mendapat respon yang baik dari siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di kelas XI Prodi Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Denpasar.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pengendali Elektromagnetik, Instalasi Motor Listrik


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF file view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.