PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN ASESMEN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Komang Yudi Anggreadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sutaya Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan mengambil subjek siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Singaraja sebanyak 29 orang, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan melalui penerapan project based learning dengan asesmen autentik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kongnitif adalah multiple choice, ranah afektif dikumpulkan dengan observasi rating scale dan data psikomotor dikumpulkan melalui unjuk kerja dan produk. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus I aspek afektif dan kognitif sebesar 72,41%  dengan rata-rata 78,72, daya serap 78,72%, dan aspek psikomotor 75,86%, meningkat pada siklus II aspek afektif 89,66%, aspek kognitif 86,21% dengan rata-rata 83,1%, daya serap 83,1%, aspek psikomotor mencapai 100%. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II aspek afektif 17,25%, kognitif 13,8%, dan psikomotor 24,14%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan project based learning dengan asesmen autentik dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan pada siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Singaraja.

 

Kata-kata kunci: project based learning, asesmen autentik, prakarya dan

     kewirausahaan

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles