PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Dewa Kadek Dwi Manggala, I Nyoman Pasek Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran project based learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas X MIA3 di SMA Negeri 2 Singaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes pilihan ganda. Hasil observasi awal sebelum dilakukannya tindakan ialah ketuntasan klasikalnya sebesar 23,69%, daya serap sebesar 44,74%, dan rata-rata klasikalnya sebesar 44,74. Setelah menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar mengalami perbaikan yang signifikan, pada siklus 1 hasil belajar ranah afektif siswa rata-rata klasikalnya sebesar 64,9 menjadi 75,4 pada siklus II, pada ranah psikomotor rata-rata klasikal siklus I sebesar 70,4 menjadi 84,8 pada siklus II, dan pada ranah kognitif siklus I rata – rata klasikal sebesar 71,44, daya serap sebesar 71.44%, dan ketuntasan klasikal 52% dan meningkat pada siklus II yaitu rata – rata klasikal sebesar 88,68, daya serap sebesar 88,68%, dan ketuntasan klasikal 97%. Persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada ranah afektif 44,75%, ranah psikomotor 39,5%, ranah kognitif 45%, dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari observasi awal ke siklus II sebesar 43,94. Jadi penerapan model project based learning pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA3 SMA Negeri 2 Singaraja.

 

Kata-kata kunci : project based learning, hasil belajar, prakarya dan kewirausahaan

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF file view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha indexed by:

 Crossref




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.