PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Windi Kristanti Ningrum Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Jurusan TP, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain post test only control group desain. Jumlah populasi siswa kelas V di Gugus 3 Kecamatan Kuta adalah 101 siswa, sedangkan jumlah sampel adalah 61 siswa yang dipilih secara random kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas Va SD No. 2 Tuban dan SD No. 4 Tuban. Data keaktifan dan hasil belajar Matematika siswa dikumpulkan dengan metode observasi menggunakan instrumen lembar observasi keaktifan belajar dan metode tes menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis manova. Diperoleh rata-rata keaktifan belajar di kelas eksperimen yaitu = 80,26 dan kelas kontrol = 71,50. Rata-rata yang diperoleh pada hasil belajar matematika di kelas eksperimen yaitu = 15,28 dan kelas kontrol = 12,91. Hasil analisis manova diperoleh Fhit> Ftabelpada taraf signifikan 5%( 26,59 > 3,16). Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap  keaktifan belajar siswa pada siswa kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Kuta tahun Ajaran 2017/2018 dan 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika siswa pada siswa kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Kuta tahun Ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Hasil Belajar, Keaktifan, Model CRH

References

Kharida, L.A. 2009. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Volume 5, Nomor 83. Tersedia pada https://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/JPFI/1015 (diakses pada 9 Januari 2018).

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Cetakan Ke-3. Kata Pena.

Lianto, I.M. 2016.” Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. E-Journal Mimbar PGSD, Volume 4, Nomor 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/issue/view/119 (diakses pada 2 Mei 2018).

Maryam, Siti, Muh. Hasbi, Abd. Hamid. 2016. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 04 Nomor 01 Hal. 116-130. Tersedia Pada : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/7259.

Nahar, Arifatun Dwi Sulistyaningsih, Eko Andy Purnomo. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segitiga Kelas VII. JKPM, Vol. 3 No. 1, Hal. 48-58, Tersedia Pada : http: //jurnal.unimus.ac.id.

Permana, Kadek Martin Edi .2016. “Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Pemanfaatan Media Batang Cuisenaire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III”. e-journal Mimbar PGSD. Volume 4, Nomor 3. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6599/4499 (diakses pada 9 Januari 2018).

Sari, Diah Kumala. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Handout terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X MA Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. δ E L T ∆ | Vol.3 No.1, Januari 2015, hlm 15-24. Tersedia Pada : https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/439.

Sari, Made Indrieta. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas V”.e-journal Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/11008 (diakses pada 9 Januari 2018).

Supriani, Ketut Rita. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA”. e-journal Mimbar PGSD. Volume 5, Nomor 2. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10930/7006 (diakses pada 9 Januari 2018).

Suwatra, Ign I Wayan, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Triyanti, Merti, Harmoko, Nova Lestari. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Biologi dan Motivasi Siswa Kelas X SMA Negeri Jayaloka. Bioedukasi VOL 9. NO 2 Hal. 99-108. Tersedia Pada : http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/1605/1014.

Downloads

How to Cite

Ningrum, W. K., Putrini Mahadewi, L. P., & Ngurah Japa, I. G. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 209–218. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19143

Issue

Section

Articles