Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Dengan Mengendalikan Kemampuan Numerik Siswa

Authors

  • Ni Putu Ari Restya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26811

Keywords:

RME, Kemampuan Numerik, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian yang tergolong jenis kuantitatif ini memakai rancangan penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 230 orang dari 7 kelas. Menggunakan teknik acak atau cluster random sampling dalam penarikan sampel. Sampel yang digunakan yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang sebagai kelompok kontrol. Dalam mengumpulkan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan jumlah soal yang valid yaitu 34 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini. Analisis berdasarkan hasil diperoleh data gain skor ternormalisasi thitung = 4,333 taraf signifikansi 5% dan dk = 63 hasilnya memperoleh ttabel = 2,000 sehingga thitung = 4,333 > ttabel = 2,000. Sesuai dengan kriteria pengujian, Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Rata-rata nilai kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif berbantuan media konkret mendapatkan hasil yaitu 47,18 sedangkan rata-rata kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional hasil kompetensi pengetahuan IPAnya yaitu 31,45. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA.

Author Biography

Ni Putu Ari Restya Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02).

Anjani, S. (2017). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Ejournal : Universitas Pendidikan Ganesha, 5.

Carlucy, N. P. R., Suadnyana, I. N., & Oka Negara, I. G. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416

Eka Sari, N. L. P., Smara Putra, D. K. N., & Surya Abadi, I. B. . (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399

Firmansyah, E. (2017). Efektivitas Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Matematisasi Siswa Di Smp. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 43. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.249

Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693

Irwandani, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90

Irwanto, Wasitohadi, & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Irwanto1,. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan Belajar Matematika, 2(1), 102–112.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Khairiah, K., Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin Pada Mata Pelajaran IPA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 200. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i3.812

Lestari, S., Andinasari, A., & Retta, A. M. (2020). Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i1.6356

Maryani, S., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Metode PQ4R Melalui Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 82. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1562

Nazifah. (2013). Penggunaan Media Konkret Meningkatkan Aktivitas Siswa Matematika Kelas I Sdn 07 Sungai Soga Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2.

Qonaah, A., Pujiastuti, H., & Fatah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 9–14. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6109

Rahmadi, I. W. H., Parmiti, D. P., & Widiana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual berbantuan Media Kongkret Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Rizwan. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227

Rosuli, N., Koto, I., & Rohadi, N. (2019). Pembelajaran Remedial Terpadu Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Generatif Untuk Mengubah Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 185–192. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.185-192

Sasmita, D., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Alat Peraga Puzzle Pythagoras. 2(2), 62–68.

Sinegar, T., & Nensi, M. (2020). Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.11428/jhej1987.42.189

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan, 3(3), 316–326.

Wira Surya Adnyana, I Kadek. Suadnyana, I Nengah. Semara Putra, D. K. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Kapten Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12432

Yatmi, H. A., Wahyudi, W., & Ayub, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 287. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1327

Yolanda, F., Akmam, & Yulia Sari, S. (2020). Penggunaan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Pada Model Generative Learning Dalam Pembelajaran Hukum Newton Siswa Kelas X di SMAN 5 Padang Staf Pengajar Jurusan Fisika , FMIPA Universitas Negeri Padang. 13(1), 25–32.

Yupriyanti, N. L., Suadnyana, I. N., & Suniasih, N. W. (2015a). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015. Mimbar Pgsd, 3(1).

Yupriyanti, N. L., Suadnyana, I. N., & Suniasih, N. W. (2015b). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4825

Downloads

Published

2020-07-15

How to Cite

Restya Dewi, N. P. A. (2020). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Dengan Mengendalikan Kemampuan Numerik Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 212–220. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26811

Issue

Section

Articles