Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Cerita Berseri

Authors

  • Ni Nyoman Diana Putri Trisna Dewi universitas pendidikan ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29398

Keywords:

Media Pembelajaran, Gambar Cerita Berseri, Kecerdasan Emosional

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pembelajaran yang kurang menggunakan media yang inovatif menyebabkan anak bosan dan tidak mampu mengontrol kecerdasan emosianal yang dimilikanya, sehingga diperlukan sebuah media yang mampu melatih kemampuan kecerdasan emosional anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis validitas pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah validitas media gambar berseri untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non-test dengan memberikan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan presentase oleh validator ahli materi 96,00%, ahli media pembelajaran 92,50% dan tanggapan oleh enam orang guru kelompok B 92,56%. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran gambar cerita berseri untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak yang telah dikembangkan dapat digunakan di TK sebagai media pembelajaran. Implikasi dari pelaksanaan penelitian ini adalah anak dapat belajar berperilaku dari tokoh-tokoh yang ada dalam cerita berupa pesan-pesan moral yang membuat anak belajar memahami emosional yang dimilikinya, lebih mengetahui tentang arti kehidupan, lebih memahami dunianya serta mampu menjadikan anak lebih antusias sehingga anak akan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajarank.

Author Biography

Ni Nyoman Diana Putri Trisna Dewi, universitas pendidikan ganesha

PG PAUD

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Asmaranty, P. Z., Hasanah, M., & Suwignyo, H. (2019). Pengembangan Buku Cerita Berseri dengan Tema Altruisme untuk Pembelajaran Cerita Rakyat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(10), 1417–1426. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i10.12902

Barliana, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Cerita Pendek Yang Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/seloka.v4i1.6853

Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.8425

Dwicahyani, N. M., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Nht Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Ips. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 102–110. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17326

Firdaus, H., Sugiyono, & Purnama, S. K. (2018). The Development Model of Badminton Base Technique Training Based of Audio Visual Media for The Beginner Athlete. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 210–214. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10734

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305

Luawo, M. I. R., & Nugroho, I. T. (2018). Media Komik untuk Mengembangkan Pemahaman Kemandirian Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri 111 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 121 – 132. https://doi.org/10.21009/Insight.072.01

Maharwati, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800

Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1888

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Of Est (Educational Science And Technology), 2(3), 171–184. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3216

Pandanwangi, N. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Pada Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1354

Pasek, N. S. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Pada Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Emosi Dan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 62–76. https://doi.org/10.23887/jia.v1i1.9983

Purbasari, I., Ismaya, E. A., Suryani, N., & Djono. (2019). Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Aplikasi Mobile Learning bagi Siswa Sekolah Dasar. Sejarah, Budaya Dan Pengajaran, 2015, 97–106. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p97

Rachmawati, A., & Nurmawati, T. (2014). Hubungan Pola Asuh dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Sekolah. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 1(1), 007–012. https://doi.org/10.26699/jnk.v1i1.ART.p007-012

Ridho, A., Pradana, T. D., & Mayarestya, N. P. (2017). Pengaruh Media Komik Terhadap Pengetahuan Kesehatan Mata Pada Anak. Jurnal Vokasi Kesehatan, 3(2), 61-66. https://doi.org/https://doi.org/10.30602/jvk.v3i2.111

Sakti, P., Dwi Handoyo, R., & Wihadanto, A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasional dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 60–68. https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.4149

Saputro, H. B., & Soeharto. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasi, 3(1), 61-72. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4065

Septiawan, E. I. M. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 271. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16285

Sidartha, A. L. A., & Sujana, I. K. (2020). Pengaruh Idealisme, Kecerdasan Emosional dan Etika pada Persepsi Etis Mahasiswa Profesi Akuntansi dengan Kepercayaan Diri. E-Jurnal Akuntansi, 30(8), 2138–2151. https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i08.p19

Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10934

Subagio, M. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Kerja, Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Ithaca Resources. Jurnal Manajemen, 19(1), 101–120. https://doi.org/10.24912/jm.v19i1.108

Subyantoro, S. (2015). Profil Cerita Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional: Aplikasi Ancangan Psikolinguistik. Kajian Linguistik Dan Sastra, 18(2), 183–195. https://doi.org/10.23917/kls.v18i2.5062

Syawahid, M., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Dengan Pengembangan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2654

Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693

Wardani, W. (2019). Pengaruh kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri sosial terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66–73. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p066

Wicaksono, A. G., Jumanto, & Oka, I. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Downloads

Published

2020-10-20

How to Cite

Trisna Dewi, N. N. D. P. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Cerita Berseri. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 362–369. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29398

Issue

Section

Articles