PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN UTANGRA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B TK KRISTEN HARAPAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Anita Noli

Abstract


Permasalahan yang terjadi di TK Kristen Harapan Denpasar adalah   kecerdasan kinestetik anak belum berkembang secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari bahwa belum adanya media pembelajaran yang inovatif sehingga peserta didik mudah merasa bosan dalam proses pembelajaran. Media yang digunakan oleh pendidik pada proses belajar mengajar di tk hanya berupa buku, majalah dan media gambar saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media permainan Utangra untuk (1) mengetahui pengembangan media permainan Utangra untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak, (2) mengetahui tanggapan ahli materi, ahli media dan guru-guru tk kelompok B terhadap pengembangan media permainan Utangra untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak, (3) mengetahui kelayakan media permainan Utangra untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari 6 tahapan pengembangan. Dalam penelitian ini dilibatkan ahli materi dan ahli media sebagai validator. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelompok B TK Kristen Harapan Denpasar. Hasil penelitian yang telah dikembangkan memperoleh desain berupa media permainan Utangra untuk meningkatkan kecerdasan anak kelompok B. Hasil uji coba media permainan Utangra terhadap validator ahli materi dengan persentase skor 97,50%, yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Hasil uji coba media permainan Utangra oleh validator ahli media dengan persentase skor 98,57% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Subyek dari uji coba produk ini yaitu enam orang guru dengan persentase skor 89,39%, dengan keterangan sangat baik. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut maka dinyatakan bahwa media permainan Utangra yang telah dikembangkan dapat digunakan di TK Kristen Harapan Denpasar sebagai media pembelajaran. Dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak.

 


Keywords


Kecerdasan Kinestetik; Permainan Utangra; Media Pembelajaran

References


Adam, steffi dan M. T. . (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal.

Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya.

Anggraini, D. D. (2014). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Sirkuit Dengan Bola (Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Al Muhajirin Malang Jawa Timur, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Asmariani, A. (2016). KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN PAUD. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

Fais Chanda, R. N. S. (2018). Upaya meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui bermain melempar dan menangkap bola pada peserta didik kelompok B RA Masjid Al-Azhar Semarang tahun ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

FITRIANA, N. S. (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik.

Fitriyani, F. N. (2017). Perkembangan Bermain Anak Usia Dini. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

M Fadlillah. (2019). Bermain & Permainan anak usia dini. Pranadamedia Grub.

Margaret Kernan, P. D. (2007). Play as a context for Early Learning and Development. Aistear: The Early Childhood Curriculum Framework.

Punaji Setyosari. (2010). Punaji Setyosari. 2010.Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta Kencana.

Respati, R., Nur, L., & Rahman, T. (2018). GERAK DAN LAGU SEBAGAI MODEL STIMULASI PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/jpud.122.13

Saputri, R. I., Alzaber, & Ariawan, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Swasta Bina Siswa. AKSIOMATIK : Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika.

Sari, M. (2014). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Air. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Setiawati, E., Desri, M., & Solihatulmilah, E. (2019). PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MORAL ANAK. JURNAL PETIK. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.494

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung CV alfabeta. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.

Sugiyono. (2017). Metode KuantitatiSugiyono. (2017). Metode Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 13–19).f. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Umami, A., Kurniah, N., & Delrefi. (2016). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak melalui Permainan Estafet. Jurnal Ilmah Potensia.

Yumarlin MZ. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Teknik.

Yuningsih, R. (2015). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang. Universitas Negeri Jakarta Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur.

Yunita, Y., Wembrayarli, W., & Azwandi, A. (2015). MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI TEKNIK BERNYANYI LAGU-LAGU DI TK AISYIYAH 1 CURUP (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29430

Article Metrics

Abstract view : 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for lesson and learning studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref  Akreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.