Tinjauan Hasil Belajar dalam Jaring pada Mata Pelajaran Biologi di Beberapa SMA di Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35721Keywords:
Pembelajaran Daring, Hasil BelajarAbstract
Hasil belajar pada mata pelajaran biologi siswa SMA masih rendah. Hal ini disebabkan baik dari sarana prasarana, metode, maupun model pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran daring. Sehingga perlu dilakukan tinjauan hasil belajar peserta didik, untuk melihat hasil belajar selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan menganalisis hasil belajar biologi peserta didik yang pembelajarannya dilakukan dalam jaringan di daerah pesisir selatan pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu berupa hasil belajar yang terkait dengan hasil belajar biologi peserta didik untuk Kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data (Data Display), Menarik Kesimpulan dan Verifikasi (Conclusion Drawing and Verification). Sampel penelitian berjumlah 839 orang peserta didik yang terdiri dari 6 SMA Kelas XI. Hasil yang didapatkan dari penelitian diperoleh 94,4% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di sekolah pertama, 42,36% peserta didik yang mencapai KKM di sekolah kedua, 47,16% peserta didik yang mencapai KKM di sekolah ketiga, 5,26% peserta didik yang mencapai KKM di sekolah keempat, 97,05% yang mencapai KKM di sekolah kelima, dan sekolah keenam dengan 6,81% peserta didik yang mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa banyak peserta didik yang memiliki hasil belajar rendah dan sedikit dari peserta didik yang hasil belajarnya tidak begitu berbeda atau berubah dari pembelajaran tatap muka.
References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53. http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369 DOI: https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Astuti, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Berbasis Quipper School. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 334. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3635 DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3635
Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011 DOI: https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011
Chen, C. W. S., Lee, S., Dong, M. C., & Taniguchi, M. (2021). What factors drive the satisfaction of citizens with governments’ responses to COVID-19? International Journal of Infectious Diseases, 102, 327–331. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.10.050 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.10.050
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Handayanti, T. C., Prasetyo, A. P. B., & Widianingrum, P. (2020). Tingkat Kepuasan Dan Hasil Belajar Biologi Dalam Penerapan Media Interaktif Quipper School. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/bioma.v9i1.6030 DOI: https://doi.org/10.26877/bioma.v9i1.6030
Hariyadi, S. (2021). Meningkatkan Interaksi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Google Classroom Untuk Kelas Daring Biologi Di SMA. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(1), 50. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.845 DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.845
Irwandi, I., & Lusilawati, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Biologi. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2). https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2519 DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2519
Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., & Kusumahwardani, D. (2021). Respon Guru Terhadap Kendala Proses Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.765
Latifah, A., & Prastowo, A. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Model Website Dan M-Learning Melalui Youtube Pada Mata Pelajaran Pai Kelas 2 Sd/Mi. Jurnal Limas PGMI, 1(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/limaspgmi/article/view/7304 DOI: https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v1i01.7304
Marini, M., Sulisworo, D., & Ishafit, I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbantukan Media Aplikasi Quipper School terhadap Minat, Kemandirian, dan Hasil Belajar pada Materi Gelombang Mekanik Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cawas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 81–88. https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i2.1625 DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i2.1625
Maulana, M. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas X Ipa Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85–95. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22 DOI: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22
Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran biologi model stad dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2504
Murti, A. H. D., Arsal, A. F., & Muis, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Aspek Motivasi Belajar dan Kondisi Kesehatan Fisik Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 06 Makassar. Jurnal Biology Teaching and Learning, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.35580/btl.v4i1.21591 DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v4i1.21591
Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669 DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669
Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Instruction ) Berbasis Whatsapp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188–197. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708 Inovasi DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708
Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254 DOI: https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254
Saraswati, L. C., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Quipper School Terhadap Hasil Belajar Lintas Minat Biologi Pada Siswa Kelas X Bahasa Semester Genap Di Sma Negeri 1 Sawan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Karmapati), 7(3), 1–13. http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v7i3.16079 DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v7i3.16079
Setiawan, A. R. (2020). Peningkatan Literasi Saintifik Melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal Of Biology Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278 DOI: https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi I Ketut Surata I Made Sudiana I Gede Sudirgayasa. Journal of Education Technology, 4(1), 22–27. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079
Tamara, J., Sugiatno, S., Yanuarti, E., Warsah, I., & Wanto, D. (2020). Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. At-Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 351–373. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v19i2.3372
Thahir, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Rahmatia Thahir. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1936–1944. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1123 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1123
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1 DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.341.1
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. ttps://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11410
Yustina, Y., Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706 DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)