Model Reciprocal Teaching Berbasis Reinforcement Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Putu Krisna Sandra Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26439

Keywords:

Reciprocal Teaching, reinforcement, kompetensi pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis reinforcement terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan bentuk Non-Equivalent Control Grup Design. Populasinya ialah seluruh kelas V SDN sebanyak 9 kelas, 253 siswa.  Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih 68 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data dikumpulkan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda biasa sebanyak 36 soal. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh harga thitung  = 2,086 , dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh  ttabel = 1,997. Dengan demikian, harga thitung = 2,086 > ttabel = 1,997, maka H0 ditolak sehinga adanya perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA terhadap kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan, model  Reciprocal Teaching berbasis reinforcement berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN.

Author Biography

Putu Krisna Sandra Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Alma, B. dkk. (2010). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Antari, N. W., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching ( Pembelajaran Terbalik ) Berbantuan Multimedia Terhadao Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD GUGUS I Denpasar Selatan.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyasa, Gd I; Madri Antari, Ni Ngh; Sulastri, N. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tulamben. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 10.

Aswat, H. (2019). SangPencerah Penggunaan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri I Abstrak. 4(i), 12–20.

Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Darmayanti. Putu Laksmi, Putra, M., & Suara, I. M. (2014). Model open ended berbasis reinforcement berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 18 Dangin Puri Denpasar Utara. Mimbar Pgsd, 2(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3020/2504

Gemaydha, I. G., Putra, I. K. A., & Darsana, I. W. (2014). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Reinforcement Berbantuan Bahan Ajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha.

Gita, P., Dantes, N., & Sariyasa. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa kelas V SD. E-Journal Program Pascsarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.

Komang, N., & Mas, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan. 1, 145–152.

Kosasih. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Kurniawati, N. E., Nym, D., Mahadewi, L. P. P., & Pgsd, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal TeachingTerhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng Universitas Pendidikan Ganesha. 3.

Luh, N., Yuliana, P., Suniasih, N. W., Agung, I. G., & Negara, O. (2014). Pengaruh Pendekatan Starters Eksperimen ( PSE ) Berbasis Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar Denpasar Utara Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan G. E-Journal PGSD Universitas Ganesha, 2(1).

Mahayanti, Gst. A. Md. Atiek; Pudjawan, Kt.; Margunayasa, I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Mind MappingTerhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV Semester II SD NO. 1 Baktiseraga. 1.

Ngr, I. G., Putra, D., Arcana, I. N., & Pgsd, J. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus7.

Novita Dewi, Sari Rahayu; Gusmaweti; Sari, R. T. (2013). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 03 Binuang Kampung Dalam Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sakaningsih, N., Asri, I. G. A. A. S., Agung, I. G., & Negara, O. (2014). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Reinforcement Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD N 18 Dangin Puri Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Sethiawan, I Komang Agus; Sri Asri, IGA Agung; Semara Putra, D. B. K. . N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Terbalik ( Reciprocal Teaching ) Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Semester II SD Gugus I Gusti Ketut Jelantik. Mimbar Pgsd, 2(1), 1–10.

Setyosari, P. H. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suastana, I. W., Abadi, I. B. S., Putra, M., Pendidikan, J., & Sekolah, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbais Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V GugusIV Abiansemal Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Universitas Pendidikan Ganesha. 2.

Sudametri Dewi, I Dewa Ayu; Wiarta, I Wyn. ; Meter, I. G. (2014). Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus MAYOR METRA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutami, N. K. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14710

Suteni, K., Wirya, I. N., Pt, L., & Mahadewi, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Kecamatan Buleleng. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Tulamben, 2, 1.

Wahyuni, K. M., & Putra, Made ; Darsana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Turnament (TGT) Melalui Variasi Reinforcement Terhadap Hasil Belajar IPS rn Siswa Kelas V SD Gugus III Batuan Sukawati rn Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar Pgsd, 2(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3205

Widarini, Kadek Linda; Sri Asri, I.G.A Agung; Semara Putra, D. K. N. ; (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Berbasis Reinforcement Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V Sd Gugus I Gusti Ngurah Rai. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10661

Downloads

Published

2020-07-10

How to Cite

Sandra Dewi, P. K., & Ardana, I. K. (2020). Model Reciprocal Teaching Berbasis Reinforcement Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 183–190. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26439

Issue

Section

Articles