PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA RODA PINTAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27906Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia kelas IV SDN Pagerharjo 01.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas IV SDN Pagerharjo 01 dengan jumlah 29 siswa. Sumber data penelitian ini yakni guru , siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik expert judgment dan analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil belajar siswa ranah pengetahuan mengalami peningkatan , pada muatan Bahasa Indonesia dari prasiklus (48%) ,siklus I menjadi (62%) dan siklus II meningkat lagi menjadi (97%) . Selanjutnya pada muatan IPA dari prasiklus (41%) , siklus I menjadi (55%) dan siklus II meningkat lagi menjadi (93%). Hasil belajar siswa ranah sikap pada siklus I (67%), kemudian meningkat pada siklus II menjadi (83%). Hasil belajar siswa ranah keterampilan juga mengalami peningkatan , pada siklus I (68%), kemudian meningkat pada siklus II (86%). Simpulan penggunaan model inkuiri terbimbing berbantuan media roda pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Inkuiri terbimbing, Roda Pintar.
References
Asiah. 2015. Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 2 (1):21-35,ISSN:2355-5343:20-27.
Aslamiah dan Agusta AR.2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Dengan Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learninng, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) Dan Team Game Tournament (TGT) Pada Kelas 5B SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Jurnal Paradigma. 10 (1):67-75)
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ardianti, SD. 2015. Pengaruh Modul Tematik Inquiry-Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Pembentuk Bioenergi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2):1-6.
Artana, IMA, Dantes N, Lasmawan IW. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Di Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2014/2015.e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5: 1-12.
Aryani PR, Akhlis I, Subali B. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA. Unnes Physics Education Journal. 8 (2):91-101.
Candrayani, Riska, Putu Ayu, Tegeh, I Made, Wibawa, I Made C. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 4 (1):1-10.
Dahlia, Desi, Panjaitan, Regina L, Djuanda, Dadan. 2017. Penerapan Model Inkuiri Pada Materi Sifat-sifat Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JurnalPena Ilmiah. 2 (1):391-400.
Diantoro CT, Ismaya EA, dan Widianto E. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Teaching Berbantuan Media Aplikasi Edomodo Pada Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 1 (1):1-6
Dewi, Safa Anindiya PPC., Fakhriyah, Fina, Purbasari, Imaniar. 2019. Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Guided Inquiry Berbantuan Media Papan Putar pada Tema Pahlawanku Kelas IV. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 2 (2):198-203.ISSN:2620-9780.
Eggen, Paul dan Don Kauchak.2012. Strategi dan Model Pembelajaran Edisi 6.Jakarta: Indeks.
Esminarto, Sukowati, Suryowati N, Anam K. Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. 1 (1):16-23.
Halimah, Situ N, Rudibyani, Ratu Betta, Efkar, Tesviri. 2015. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(3):997-1010.
Handayani N, Wijayanti A, Listyani I. 2018. Keefektifan Model Tipe Numbered Heads Together Berbantu Media Roda Pintar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 2(2):404-411.
Hasmiati, Jamilah, Mustami MK. 2017. Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek. 5(1):21-35.
Inasyah, Imroatul. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. JPGSD. 1(2):1-9.
Juliana, Salfilla. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 5 Siak Kecil Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 2 (4). ISSN Online:2614-1337.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muliani, Ni Kt. D dan Wibawa, I Md C. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3 (1):107-114.
Murningsih, Ira Maya Tri, Mohammad, Masykuri, Bhakti, Mulyani,. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2 (2):177-189.
Metaputri, Ni Kadek, Margunayas, I Gd, Garminah, Ni Nym. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas IV SD. e-Journal PGSD Unversitas Pendidikan Ganesha. 4 (1):1-10.
Purnamasari, Ayu. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SD melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education. 1 (1):1-11.
Rotingah T, Sudiyanto BM. 2017. Keefektifan Self Assessment dan Peer Assesment Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akutansi Ranah Psikomotorik Siswa SMK. Jurnal “Tata Arta” UNS. 3 (3): 68-79.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Suastiti, Made Ni, S, I Nengah, G, Ni Nyoman. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Mekar Bhuana Badung Tahun Ajaran 2014/2015. 2(1).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, Fitria. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogia. 5 (2):267-278.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)