Pengembangan Media Permainan Kooperatif Merancang Gambar untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29433Keywords:
Perkembangan Sosial, Permainan Kooperatif, Merancang GambarAbstract
Kurangnya penggunaan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pengembangan sosial siswa, maka diperlukan media dan metode yang dapat memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media permainan kooperatif merancang gambar untuk meningkatkan perkembangan sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Reseacrh & Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah validitas media permainan kooperatif merancang gambar untuk meningkatkan perkembangan sosial anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non-tes yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan 6 guru. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh nilai dari validator pakar materi sebesar 82,00%, validator pakar media sebesar 94,00%, hasil perepsi pemakaian produk dari enam orang guru TK sebesar 93,00%. Simpulan penelitian ini adalah media merancang gambar pada permainan kooperatif yang dibuat dinyatakan layak untuk digunakan di taman kanak-kanak sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan perkembangan sosial anak. Implikasi penelitian ini adalah melatih keberanian, menarik perhatian anak untuk membuat suasana kelas menjadi hidup, anak dapat menghayati suatu peristiwa, anak dilatih untuk menyusun pikirannya dengan teratur, dan mendorong minat anak untuk belajar.
References
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.
Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177.
Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707.
Chairunnisa, V., Mudjiran, M., & Gistituati, N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bimbingan dan Konseling untuk Mengoptimalkan Perkembangan Sosial Anak Kelas I SD. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 2(2), 52–57. https://doi.org/10.29210/02016147.
Citrasmi, N. W., Wirya, N., & Tegeh, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.8425.
Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11.
Erawati, N. K., & Suwarnisi, N. M. (2019). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Dengan Permainan Dalam Matematika. Jurnal Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24843/JMAT.2019.v09.i02.p114.
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338.
Hanita. (2017). Identifikasi Perhatian Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Di Sekolah Usia 4-6 Tahun Kota Samarinda. Jurnal Indria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, 2(2). https://doi.org/10.24269/jin.v2n2.2017.pp26-40.
Haryanti, & Sumarno. (2014). Pemahaman Kompetensi Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Anak (Studi Kasus Pada Kelompok Bermain Di Pakem, Sleman). Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 32–49. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2354.
Hastuti, D., Fiernanti, D. Y. I., & Guhardja, S. (2011). Kualitas Lingkungan Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Balita Di Daerah Rawan Pangan. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 4(1), 57–65. https://doi.org/10.24156/jikk.2011.4.1.57.
Henny, A., & Fatmasari, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Permainan Chain Word Flag. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 332–340. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.312.
Inapi, M. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 12. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.4135.
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. JURNAL OBSESI, 4(2), 951–961. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483.
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.624.
Maharwati, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800
Masrita, M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match di SDN 15 Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera BaratMeningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Make A Match di SDN 15 B. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 179. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1526.
Matanari, C., Gaol, R. L., & Simarmata, E. (2020). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 294–300. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.435.
Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1888.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. BULETIN PSIKOLOGI, 23(2), 103–111. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567.
Permatasari, T., Hapidin, & Karnadi. (2020). Pengaruh Permainan Kooperatif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Regulasi Emosi Anak. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.30653/001.202041.120.
Rahman, M. H., & Kencana, R. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Musamus Journal Of Primary Education, 2(2). https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i2.2177.
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 75–86. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75.
Rustinah. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Team Game Turnament Pada Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2012/2013. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 5(1), 40–51. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4671.
Sari, D. I. (2015). Keefektivan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Media Pohon Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas V SD Negeri Pejagan 5 Bangkalan. STKIP PGRI Bangkalan, November. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i1.27.
Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 95–106. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.95.
Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10934.
Suryanata, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 235. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2497.
Susantini, E., & Qomariyah, N. (2013). Implementasi Metode Penugasan Analisis Video Pada Materi Perkembangan Kognitif, Sosial, Dan Moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2715.
Tanjung, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture Siswa Kelas V A SD Negeri 200402 Sabungan Padangsidimpuan 2017- 2018. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 45–48. https://doi.org/10.31604/Ristekdik.2018.V3i2.45-48.
Wulandari, I. A. D., Suarsana, I. M., & Pujawan, I. G. N. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick, Mind Mapping, Dan Kemampuan Komunikasi Matematis. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 82–93. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a8.
Yuliani, I. W., & Asri, D. N. (2012). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dan Aktivitas Sosial Terhadap Kemampuan Mengatasi Masalah Belajar Pada Siswa Kelas VI SDN Kraton 2 Maospati Tahun Pelajaran 2010/2011. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.25273/counsellia.v2i1.196.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)