Lembar Kerja Praktikum (LKP) Materi Sistem Sirkulasi Berbasis Diagram Vee
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38588Keywords:
Practicum Worksheet (LKP), Vee Diagram, circulation systemAbstract
Lembar Kerja Praktikum (LKP) merupakan panduan atau pedoman yang digunakan peserta didik sebagai pengarah dalam melakukan kegiatan praktikum. LKP yang digunakan peserta didik hendaknya dapat mengarahkan kegiatan praktikum pada penemuan konsep agar kegiatan praktikum yang dilakukan peserta didik lebih bermakna. Faktanya peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mengaitkan kegiatan praktikum dengan konsep yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas LKP yang digunakan peserta didik berdasarkan komponen diagram Vee. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Sampel dari penelitian ini yaitu 3 LKP materi sistem sirkulasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis dalam paktikum ini yaitu rubrik keberadaan komponen diagram Vee dan rubrik penilaian kualitas komponen LKP berdasarkan komponen diagram Vee. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa LKP materi sistem sirkulasi sudah dapat dikatakan memiliki struktur yang lengkap sesuai komponen diagram Vee, namun komponen-komponen yang ada masih memiliki kualitas yang kurang dan belum mencapai skor maksimum. Kegiatan praktikum materi sistem sirkulasi memerlukan LKP yang dapat menunjang pembentukan pengetahuan dengan langkah kerja yang tepat dan sesuai dengan tuntutan kurkulum, dengan demikian disarankan untuk melakukan rekontruksi pada LKP tersebut.
References
Ahmadi, A., & Widodo, S. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Amique, I. N., Jumaeri, J., Sumarni, W., & Susilaningsih, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Inovatif Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Chemistry in Education, 9(2), 77–83. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/40179.
Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee:(Analysis and Reconstruction of Tastebuds Student Worksheets Based on the Vee Diagram). BIODIK, 6(2), 200–213. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 1–13. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2827. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Handayanie, Y., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Siswa Praktikum Struktur Darah berbasis Diagram Vee:(Analysis of Blood Structure Student’s Practical Worksheet based on Diagram Vee). BIODIK, 6(3), 361–371. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408
Hindriana, A. F. (2020). Pengembangan lembar kerja praktikum berbasis diagram vee guna memfasilitasi kegiatan laboratorium secara bermakna. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 62–68. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2331. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2331
Istawa, R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Kualitas Struktur Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Struktur Tulang Berbasis Diagram Vee:(An Analysis of the Quality of Bone Structure Student Worksheets Based on the Vee Diagram). BIODIK, 6(4), 434–441. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500
Lestari, R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Konseptual, Praktikal, Konstruksi Pengetahuan dan Rekonstruksi Lembar Kerja Praktikum Enzim Katalase:(Conceptual Analysis, Practical, Knowledge Construction and Reconstruction of Catalase Enzyme Worksheets). BIODIK, 6(4), 476–491. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9548. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9548
Mukti, I. N. C., & Nurcahyo, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137–149. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/7644. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.7644
Nadia, N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Komponen Penyusun Lembar Kerja Peserta Didik Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan:(Analysis and Reconstruction of the Components of the Student Worksheet on Structure and Function of Plant Tissue). BIODIK, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439
Nurhayati, E. (2018). Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Perspektif Psikologi Perkembangan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1–14. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/7644.
Nurmaningsih, N., & Wijaya, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKS) Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum Dan Efektivitasnya Terhadap Peraihan Konsep Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama NTB. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1592. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1592
Putri, L. O. L. (2016). Card of Identification Phylum as an Inovative Media to Study Animal Classifications. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(1), 31–38. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3369. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3369
Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17471. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960
Rahmawati, I., Sholihin, H., & Arifin, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Inkuiri Pada Konsep Titrasi Asam-Basa Di SMK Farmasi. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(10), 1156–1168. http://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1658.
Rakhman, K. A., Saraha, A. R., & Sugrah, N. (2017). Pengembangan Video Penggunaan Alat Gelas Laboratorium Kimia Di Universitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 161. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.15667. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.15667
Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131
Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)