Lembar Kerja Praktikum (LKP) Materi Sistem Sirkulasi Berbasis Diagram Vee

Authors

  • Fitri Annisa Universitas Negeri Padang
  • Sa'diatul Fuadiyah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38588

Keywords:

Practicum Worksheet (LKP), Vee Diagram, circulation system

Abstract

Lembar Kerja Praktikum (LKP) merupakan panduan atau pedoman yang digunakan peserta didik sebagai pengarah dalam melakukan kegiatan praktikum. LKP yang digunakan peserta didik hendaknya dapat mengarahkan kegiatan praktikum pada penemuan konsep agar kegiatan praktikum yang dilakukan peserta didik lebih bermakna. Faktanya peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mengaitkan kegiatan praktikum dengan konsep yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas LKP yang digunakan peserta didik berdasarkan komponen diagram Vee. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Sampel dari penelitian ini yaitu 3 LKP materi sistem sirkulasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis dalam paktikum ini yaitu rubrik keberadaan komponen diagram Vee dan rubrik penilaian kualitas komponen LKP berdasarkan komponen diagram Vee. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa LKP materi sistem sirkulasi sudah dapat dikatakan memiliki struktur yang lengkap sesuai komponen diagram Vee, namun komponen-komponen yang ada masih memiliki kualitas yang kurang dan belum mencapai skor maksimum. Kegiatan praktikum materi sistem sirkulasi memerlukan LKP yang dapat menunjang pembentukan pengetahuan dengan langkah kerja yang tepat dan sesuai dengan tuntutan kurkulum, dengan demikian disarankan untuk melakukan rekontruksi pada LKP tersebut.

Author Biographies

Fitri Annisa, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Biologi

Sa'diatul Fuadiyah, Universitas Negeri Padang

Biologi

References

Ahmadi, A., & Widodo, S. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Amique, I. N., Jumaeri, J., Sumarni, W., & Susilaningsih, E. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Inovatif Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains. Chemistry in Education, 9(2), 77–83. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/40179.

Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Peserta Didik Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee:(Analysis and Reconstruction of Tastebuds Student Worksheets Based on the Vee Diagram). BIODIK, 6(2), 200–213. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2), 1–13. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2827. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Handayanie, Y., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Lembar Kerja Siswa Praktikum Struktur Darah berbasis Diagram Vee:(Analysis of Blood Structure Student’s Practical Worksheet based on Diagram Vee). BIODIK, 6(3), 361–371. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9408

Hindriana, A. F. (2020). Pengembangan lembar kerja praktikum berbasis diagram vee guna memfasilitasi kegiatan laboratorium secara bermakna. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 62–68. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2331. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2331

Istawa, R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Kualitas Struktur Lembar Kerja Peserta Didik pada Materi Struktur Tulang Berbasis Diagram Vee:(An Analysis of the Quality of Bone Structure Student Worksheets Based on the Vee Diagram). BIODIK, 6(4), 434–441. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9500

Lestari, R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Konseptual, Praktikal, Konstruksi Pengetahuan dan Rekonstruksi Lembar Kerja Praktikum Enzim Katalase:(Conceptual Analysis, Practical, Knowledge Construction and Reconstruction of Catalase Enzyme Worksheets). BIODIK, 6(4), 476–491. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9548. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9548

Mukti, I. N. C., & Nurcahyo, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137–149. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/7644. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.7644

Nadia, N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Komponen Penyusun Lembar Kerja Peserta Didik Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan:(Analysis and Reconstruction of the Components of the Student Worksheet on Structure and Function of Plant Tissue). BIODIK, 6(2), 187–199. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439

Nurhayati, E. (2018). Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Perspektif Psikologi Perkembangan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1–14. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/7644.

Nurmaningsih, N., & Wijaya, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKS) Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum Dan Efektivitasnya Terhadap Peraihan Konsep Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama NTB. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1592. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1592

Putri, L. O. L. (2016). Card of Identification Phylum as an Inovative Media to Study Animal Classifications. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(1), 31–38. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3369. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3369

Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17471. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960

Rahmawati, I., Sholihin, H., & Arifin, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Inkuiri Pada Konsep Titrasi Asam-Basa Di SMK Farmasi. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(10), 1156–1168. http://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1658.

Rakhman, K. A., Saraha, A. R., & Sugrah, N. (2017). Pengembangan Video Penggunaan Alat Gelas Laboratorium Kimia Di Universitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 161. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.15667. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.15667

Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131

Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Annisa, F., & Fuadiyah, S. (2021). Lembar Kerja Praktikum (LKP) Materi Sistem Sirkulasi Berbasis Diagram Vee. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 411–417. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38588

Issue

Section

Articles