Booklet Sistem Koordinasi Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38685Keywords:
Booklet, Suplemen Bahan Ajar, BiologiAbstract
Materi biologi yang dianggap sulit oleh peserta didik sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Penyebab kesulitan yang dialami dalam mempelajari biologi adalah karakteristik materi biologi yang tak jarang terdapat konsep-konsep abstrak yang sulit dipahami. Selain itu, kurangnya media pembelajaran akan mempengaruh kemampuan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan booklet sistem koordinasi sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara menyebarkan angket kepada 108 peserta didik dan satu orang guru biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,wawancara, dan kuesioner. Metode yang diguankan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil angket menunjukkan bahwa peserta didik dalam mempelajari biologi sudah dilengkapi dengan bahan ajar, tetapi peserta didik masih kesulitan memahami materi sistem koordinasi dan membutuhkan bahan ajar tambahan pada materi sistem koordinasi. Bahan ajar yang paling dibutuhkan peserta didik yaitu bahan ajar berupa bacaan yang disertai gambar dan memuat penjelasan materi yang singkat, padat, dan jelas. Pengembangan booklet sebagai suplemen bahan ajar biologi dapat dijadikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik pada materi sulit sistem koordinasi.
References
Acesta, A. (2020). Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Aryani, D., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Identifikasi Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 111–127. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1065. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1065
Badu, S. Q. (2013). Implementasi Evaluasi Model Kirkpatrick Pada Perkuliahan Masalah Nilai Awal Dan Syarat Batas. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 102–129. https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1108. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1108
Bahari, Darsana, & Putra. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Bakri, F., Siahaan, B. Z., & Permana, A. H. (2016). Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 113–118. https://doi.org/10.21009/1.02215. DOI: https://doi.org/10.21009/1.02215
Bdiwi, R., de Runz, C., Faiz, S., & Cherif, A. A. (2019). Smart learning environment: Teacher’s role in assessing classroom attention. Research in Learning Technology, 27, 1–14. https://doi.org/10.25304/rlt.v27.2072. DOI: https://doi.org/10.25304/rlt.v27.2072
Cemara, G. A. G., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359–368. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895
Churchill, D., King, M., & Fox, B. (2013). Learning design for science education in the 21st century. Zbornik Instituta Za Pedagoska Istrazivanja, 45(2), 404–421. https://doi.org/10.2298/ZIPI1302404C. DOI: https://doi.org/10.2298/ZIPI1302404C
Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1). https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590. DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590
Jannah, I. N., Prasetiyawati, D., Hariyanti, D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. 4(1), 54–59. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/download/24135/15407. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111
Kaniati, R., & Kusmayadi, D. (2013). Upaya Tutor Dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Mandiri Pada Warga Belajar Paket C Di Pkbm Pelita Pratama Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.22460/empowerment.v2i2p1-12.593.
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13
Kurniawan, M. R., & Rofiah, N. H. (2020). Pola Penggunaan Internet di Lingkungan Sekolah Dasar Se-Kota Yogyakarta. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2). https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.1930. DOI: https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.1930
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.
Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115
Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769
Li, J., Qin, C., & Zhu, Y. (2021). Online teaching in universities during the Covid-19 epidemic: A study of the situation, effectiveness and countermeasures. Procedia Computer Science, 187, 566–573. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.04.100. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.04.100
Maharani, Y. S. (2015). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8683.
Nisa, A., Sudarmin, & Samini. (2015). Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. USEJ - Unnes Science Education Journal, 4(3), 1049–1056. https://doi.org/10.15294/usej.v4i3.8860.
Nugroho, R. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2638. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2638
Paramita, R., Ganda, R., Panjaitan, P., Ariyati, E., & Paramita, R. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 02(02). https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389
Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2). https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651. DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3651
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA (Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal GeoEco. https://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8930.
Pratiwi, P. H., Nur, H., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123
Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 40. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Journal of Innovative Science Education. https://doi.org/10.15294/JISE.V6I2.14224.
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964.
Riyanto, R., Amin, M., Suwono, H., & Lestari, U. (2020). The New Face of Digital Books in Genetic Learning: A Preliminary Development Study for Students’ Critical Thinking. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(10), 175. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.14321. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.14321
Santiasih, N. I., Marhaeni, A. A. I. N., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959 Article Metrics. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Santoso, P. (2019). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Model Assure Untuk Membantu Guru Dalam Pembelajaran Fisika Tentang Alat Ukur Listrik. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 235. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.319. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.319
Simatupang, H., Purnama, D., & Simatupang, Z. (2020). The Development of Best Practice Handbook Learning Strategy Based on Flip Book to Support Blended Learning Processes. Journal of Physics: Conference Series, 1462(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012014. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012014
Sivaramakrishnan, D., Fitzsimons, C., Kelly, P., Ludwig, K., Mutrie, N., Saunders, D. H., & Baker, G. (2019). The effects of yoga compared to active and inactive controls on physical function and health related quality of life in older adults- systematic review and meta-analysis of randomised controlled trials. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 16(1), 1–22. https://doi.org/10.1186/s12966-019-0789-2. DOI: https://doi.org/10.1186/s12966-019-0789-2
Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473–480. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783
Suari. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138
Suartama, I. K. (2010). Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 253–262. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.130.
Suryawan, I. P. P. (2019). Rancang Bangun Dan Implementasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Lectorainspire Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 177–188. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.399. DOI: https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.399
Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836
Syafi’ah, R. (2019). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Pegangan Siswa Ipa Smp Kelas Vii Semester 2 Kurikulum 2013. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 30–36. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.61. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.61
Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030
Utami, D. (2015). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232. https://doi.org/10.21009/jpd.062.05. DOI: https://doi.org/10.21009/JPD.062.05
Uygarer, R., & Uzunboylu, H. (2017). An investigation of the digital teaching book compared to traditional books in distance education of teacher education programs. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(8), 5365–5377. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00830a. DOI: https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00830a
Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 32–40. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1711. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1711
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154
Widiartini, P. D. O., Made Putra, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1200
Yulistiana, Y. (2015). Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, And Society) dalam Pendidikan Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.169. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.169
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)