PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19148Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media visual dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III semester II di SD Gugus Sriwijaya Kecamatan Pekutatan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Non equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah kelas III semester II di SD Gugus Sriwijaya Kecamatan Pekutatan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 122 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sebanyak 29 siswa kelas III SD Negeri 1 Asahduren dan 27 siswa dari kelas III SD Negeri 2 Asahduren dipilih sebagai sampel. Data skor hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan kelompok siswa yang mengikuti mpembelajaran konvensional, dengan nilai thitung sebesar 8,473 dan t tabel sebesar 2,021. Artinya, thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III semester II di SD Gugus Sriwijaya Kecamatan Pekutatan tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: hasil belajar, TPS, Media Visual
Referensi
Adam, Steffi .2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam . Journal, Volume 3 No 2, ISSN 2337-8794
Ariyanto, Metta. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble . Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, Desember 2016: 134 – 140
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Irma, Ayuwanti. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X
Kurniasih, Imas dan Berlin. Cetakan Pertama 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Kata Pena.
Khaerunnisa, Andi. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa) . Jurnal Chemica Vo/. 18 Nomor 2 Desember 2017, 71 – 79
Kormiana, Ms .2017. Metode Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama . Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 1, Maret 2017
Munadi, Yudhi. Cetakan pertama 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP press Group).
Munirah. 2015 . Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)