KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19505Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa yang berakibat tidak tercapainya nilai KKM. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru serta kurangnya kreativitas guru dalam memilih model pembelajaran dan media pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah model Team Assisted Individualization (TAI) efektif terhadap hasil belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia kelas IV SD N Sidomulyo 04 Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Hasil presentase ketuntasan belajar 28,57 % naik menjadi 89,28%.
Referensi
Ana Hoirunnis. 2017. Penggunaan Model Teams Assisted Individualization (TAI)Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro Vol.5. No.2 (2017) 124-130
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum 2013. Gava Media. Yogyakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Halih Moh. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Siswa. JURNAL BUANA MATEMATIKA. Vol. 6, No. 2, Tahun 2016
Nur Megawati Nur. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, Halaman 162 – 180 No. 1, Tahun 2012
Ratnaningsih Indriani. 2016. Pengaruh Model Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri Jurugentong, Bantul. Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Edisi Mei 2016
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press.
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang – Undang Republik Indonesia, No.20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)