PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19506Abstrak
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Question Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus Pattimura yang terdiri dari 8 kelas dengan banyak siswa 341 orang. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VB SDN 7 Sesetan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 38 siswa, dan kelas V SDN 18 Sesetan sebagai kelompok kontrol sebanyak 37 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 31 butir, tes tersebut telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung=5,905. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk=73 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel=2,000, karena thitung>ttabel maka Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Question Card dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan, model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Question Card berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada peneliti lain agar penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi untuk melaksanakan penelitian selanjutnya.
Referensi
Agung, A.A. Gede. 2013. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Ardani, Ni Pt Mita. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Tgt Berbantuan MediaQuestion Card Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha volume 2 nomor 1 tahun 2014. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2275/1970 (diakses tanggal 11 Januari 2018).
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Daryanto dan Sudjendro, Herry. 2014. Wacana bagi Guru SD Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Japa dan Suarjana. 2015. Buku Ajar Pendidikan Matematika III. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih. 2014. Strategi dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Marteni, Parmiti, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Gugus IV Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 Nomor 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2286/1978 (diakses pada 09 Januari 2018).
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajarandi Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah dan Koni, Satria. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena.
Wirati, Nyoman Ayu. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SETS (Science Environment Technology and Society) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS kelas V SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, No.1. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/jso/mahasiswa/index2.php (diakses tanggal 07 Januari 2018).
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)