PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Authors

  • Ni Pt Pitri Febriani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gst. Agung Oka Negara Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Km. Ngurah Wiyasa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Concept Sentence berbantuan Flash Card dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Denpasar Timur tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Denpasar Timur yang berjumlah 337 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 8 Kesiman dengan jumlah 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB SD N 1 Kesiman dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji-t.  Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung= 4,132 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74) nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung =  4,132> ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian,terdapat perbedan yang signifikan Model Pembelajaran Concept Sentence berbantuan Flash Card terhadap kompetensi pengetahuain IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Denpasar Timur, jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Concept Sentenceberbantuan Flash Card memberikan pengaruh terhadap kompetensi Pengetahuan IPA.

References

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Anwar, Muhamad. 2015. Filsafat Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/Mts & SMA/MA.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. 2015. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Mulyorini. 2014. “Penggunaan Media Flashcard Dalam Model Pembelajaran Langsung UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V SdnNgagel Rejo I/ 396 Surabaya”. E-Jorurnal, FKIP Universitas Negeri Surabaya, Vol 2, Nomor 2.

Prayogo, Dona. 2015. “Pengaruh Penggunaan Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD Negeri 3 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung Tahun Ajaran 204/2015”. E-Journal, FKIP Universitas Lampung, Vol 3, Nomor 6.

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakartta: Prenadamedia Group.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Indeks.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumerti, Ni Luh. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SDN 22 Dauh Puri”. E-Journal, Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 2, Nomor 1.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaraan Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Wisudawati, Asih dan Eka Sulistyowati . 2015. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

How to Cite

Febriani, N. P. P., Oka Negara, I. G. A., & Wiyasa, I. K. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 329–337. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19507

Issue

Section

Articles