PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LITERASI MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24242Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis literasi matematis pada kelas III di MI Muhammadiyah Kramat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Tagart yang terdiri dari 4 langkah yaitu: perencanaan (planing), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 12 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil dari tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus 1 sebanyak 2,77 dengan kriteria cukup dan pada siklus 2 sebanyak 4,03 dengan kriteria baik. Hasil dari tes komunikasi matematis pada siklus 1 sebanyak 2,73 dengan kriteria cukup dan siklus 2 sebanyak 3,97 dengan kriteria baik. Hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik menggunakan lembar observasi dengan memperoleh hasil yang signifikan dengan kategori sangat baik. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis literasi matematis diterapkan dalam mata pelajaran matematika .
Kata kunci: Berpikir Kritis; Komunikasi Matematis; Problem Based Learning (PBL) Berbasis Literasi Matematis
Referensi
Anugrahaeni. I. 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan berpikir kritis di Sekolah Dasar. A Journal Of Language, Literature Culture And Education. 14 (1): 9-17.
Arends, R.I. 2008. Learning To Learning. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Christina, L.V. dan F. Kristin. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3):217-230.
Farokhah, L., T. Herman, dan A Jupri. 2019. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Sekolah Dasar Menggunakan Model Project Based Learning Dan Model Project Based Learning Dengan Teknik Mind Map. Algoritma Journal of Matematics Education (AJME). 1 (1): 1-13.
Hidayat, D dan A. Badrujaman. 2009. Cara Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: CV Trans Info Media.
Indriyani, D., Mawardi, dan K. Wardani. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Peserta didik Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu. 3 (1): 27-32.
Islam, F.M., N. Harjono dan G. Airlanda. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). 2 (7): 613-628.
Kenedi, A.K. dan Y. Helsa. 2109. Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hal 165-174. Padang. 2017. Universitas Negeri Padang dan Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
OECD. 2015. PISA 2015 Results in Focus. Paris. OECD Secretary. Diakses dari http://www.oecd.org pada tanggal 6 Desember 2019. Pukul 07.25 WIB.
Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal Of Mathematics Education.4(1), 89-100.
Pamungkas. D., Mawardi dan S. Astuti. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3 (2):212-219.
Sari, G., N. Gustiuati. dan H. Syarifuddin. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu. 3 (2): 696-701.
Saputro, I., B Sulasmono. dan E. Widiyanti. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Menggunkan Model PBL Pada Peserta didik Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3 (2): 621-631.
Susanto, A. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)