PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MEMBANGUN KARAKTER POSITIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24249Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, membangun karakter positif siswa khususnya sikap religius dan sikap nasionalisme, serta mengetahui tanggapan siswa melalui pembelajaran berbantuan LKS berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Saraswati Singaraja sebanyak 20 orang. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini terlihat ketika siswa presentasi di depan kelas, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah sudah mampu mengidentifikasi apa yang diketahui, ditanyakan, dan menggunakan konsep matematika sesuai dengan permasalahan. Selain itu, terjadi peningkatan sikap religius dan sikap nasionalisme. Peningkatan tersebut terjadi karena: (1) penggunaan LKS berbasis etnomatematika pada sarana upacara hindu (banten upakara) di Bali yang berkaitan dengan konsep-konsep bangun datar dalam kehidupan sehari-hari membuat belajar lebih bermakna, (2) siswa bersungguh-sungguh dalam berdoa (tri sandya) maupun saat berdiskusi, dan (3) siswa bersemangat dan memiliki rasa ingin tahu terhadap kebudayannya. Rata-rata skor tanggapan siswa berada pada kategori “Sangat Positif”.[WSA1]
Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika, kemampuan pemecahan masalah matematika, sikap religius, sikap nasionalisme, tanggapan siswa
Referensi
D’Ambrosio, U., Ethnomathematics And Its Place In The History And Pedagogy Of Mathematics. For learning of Mathematics, 5 (1), 1985.
D’Ambrosio, U., Etnomathematics Link between Traditions and Modernity, Publishedby: Sense Publisher, P.O. Box 21858, 3001 AW Rotterdam, The Netherlands,2006.
Farida Aryani & Cecil Hiltrimartin, “Jurnal Pendidikan Matematika : PengembanganLKS Untuk Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Palembang”. Unsri, Vol. 5, No. 2, Juli 2011, hlm 13
Hartoyo, Agung. 2013. Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 2.
Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Jakarta
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. (Online) (http://www.nctm.org/standards/focalpoints.aspx?id=284, Diakses tgl. 28 April 2019).
Nurfarikhin, Faud. 2010. Hubungan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Penalaran Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Peserta Didik Kelas IX MTs NU 24 Darul Ulum Pidodo Kulon Patebon Kendal. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo
Parwati, N. N. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Jenis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SD yang Memiliki Sikap Berbeda terhadap Matematika. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana: Universitas Negeri Malang
Parwati, N. N. 2014. Pengintegrasian Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Bali Dalam Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika Untuk Membangun Karakter Positif Siswa SD Di Kabupaten Buleleng. Laporan Penelitian Strategi Nasional. Singaraja: LPPPM Universitas Pendidikan Ganesha
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group
Uloko ES, Imoko BI, Pengaruh Ethnomatematics Mengajar Pendekatan dan Jenis Kelamin terhadap Prestasi Siswa dalam Lokus. J. Natl. Assoc. Sci. Humanit. Educ., 2007, Res.5(1)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)